Penjelasan Sederhana Kenapa Virus Corona Banyak Varian

Penjelasan Sederhana Kenapa Virus Corona Banyak Varian

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 06 Jul 2021 21:15 WIB
Novel coronavirus concept resposible for asian flu outbreak and coronaviruses influenza concept on background with flag of Peru
Ilustrasi varian Corona. Foto: Getty Images/iStockphoto/Anton Litvintsev
Wales -

Virus Corona pada saat ini berkembang menjadi beberapa varian. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Ini penjelasan sederhana dari ilmuwan soal munculnya varian Corona.

Dr Rob Orford adalah penasihat utama bidang kesehatan pemerintah Wales. Bagaimana virus Corona bisa ada berbagai varian termasuk Delta yang lebih cepat menular, ia memberikan ilustrasinya.

"Virus butuh orang-orang untuk membuat lebih banyak kopinya sendiri dan mereplikasi kodenya. Setiap waktu virus ini membuat kopi baru, ada peluang kesalahan yang muncul," paparnya seperti dikutip detikINET dari BBC.

"Jika saya menulis huruf alpabet seribu kali, ada peluang saya mungkin membuat beberapa kesalahan random yang mungkin akan berujung pada kata baru. Jika saya meminta Anda menirunya, Anda juga bisa membuat kesalahan sendiri," tambahnya

"Nah, beberapa kesalahan itu berujung pada mutasi yang menguntungkan si virus. Mungkin menjadikannya lebih mudah melekat pada sel, lebih mudah mendapatkan akses sehingga melalui evolusi ini kita lihat mutasi berbeda. Beberapa bagus untuk virus ini, beberapa tidak," tambahnya.

Ia berharap semakin banyak orang divaksin untuk menghambat virus ini. Menurutnya virus Corona mungkin tidak dapat benar-benar dilenyapkan sehingga barangkali suatu saat orang harus belajar berdampingan dengannya.

"Seminggu saja adalah waktu yang lama bagi sains sehingga sulit untuk memperkirakan apa yang akan terjadi pada enam bulan ke depan tapi saya harap vaksin terbukti sangat efektif," ujarnya.

Sudah ada beberapa varian virus Corona. Untuk mengatasi kebingungan penyebutan nama yang ribet sekaligus menghilangkan stigma geografis, badan kesehatan dunia WHO membuat skema penamaan varian virus Corona.

Nama diambil dari alfabet Yunani, dan dibagi menjadi dua kelompok: varian of concern (VoC) dan varian of interest (VoI). Penamaan ini diharapkan memberi kesan lebih "netral". Sebelumnya, penamaan berdasarkan tempat awal teridentifikasi dianggap memojokkan negara tertentu.Varian yang mencemaskan di antaranya adalah Alpha, Beta, Gamma dan Delta.



Simak Video "Pemerintah Pilih Fokus ke Varian Delta daripada Mu, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)