Pilot Wanita 82 Tahun Ikut Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa

Pilot Wanita 82 Tahun Ikut Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 04 Jul 2021 20:45 WIB
In this undated image from video provided by Blue Origin on Thursday, July 1, 2021, Mercury 13 astronaut trainee Wally Funk, right, meets with Jeff Bezos. On Thursday, Blue Origin announced the early female aerospace pioneer will be aboard the company’s July 20 launch from West Texas, flying as an “honored guest.” (Blue Origin via AP)
Pilot Wanita 82 Tahun Akan Ikut Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa Foto: AP/
Jakarta -

Jeff Bezos akan terbang ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard pada 20 Juli mendatang. Ia akan ditemani sosok spesial dalam penerbangan ini, yaitu Wally Funk, seorang pilot wanita dan pionir penerbangan yang telah menunggu 60 tahun untuk terbang ke luar angkasa.

Bezos menyebut Funk sebagai tamu terhormat dalam penerbangan ini. Di usianya yang ke-82, Funk akan menjadi orang tertua yang pernah terbang ke luar angkasa.

Pada tahun 1961, Funk yang saat itu berusia 21 tahun merupakan salah satu peserta yang mengikuti program pelatihan astronaut perempuan bernama Women in Space. Program ini diikuti oleh 13 perempuan yang secara kolektif dikenal sebagai Mercury 13.

Funk berhasil melewati semua ujian fisik dan mental yang sangat keras, sama seperti astronaut pria lainnya yang tergabung dalam program antariksa NASA. Tapi ia dan peserta perempuan lainnya tidak terpilih menjadi astronaut NASA karena gendernya.

Saat NASA membuka pendaftaran astronaut untuk perempuan pada tahun 1976, Funk mencoba mendaftar tiga kali tapi selalu ditolak. Seumur hidupnya ia pun harus menunggu panggilan untuk terbang ke luar angkasa.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan bisa terbang," kata Funk dalam video yang diunggah di situs Blue Origin, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (3/7/2021).

[Gambas:Instagram]

Meski gagal menjadi astronaut, Funk tetap sukses menjadi pionir di bidang penerbangan. Ia menjadi instruktur penerbang perempuan pertama di markas militer Amerika Serikat dan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai investigator keamanan udara di National Transportation Safety Board.

Semangatnya untuk menjelajahi luar angkasa juga belum padam. Funk termasuk salah satu orang yang membeli tiket wisata antariksa dari Virgin Galactic, perusahaan milik Richard Branson yang bersaing dengan Blue Origin.

Tapi untuk penerbangan dengan Blue Origin ini, Funk tidak harus merogoh biaya apa-apa. Ia akan terbang bersama Bezos dan saudaranya Mark, serta pemenang lelang yang telah membayar USD 28 juta untuk mengikuti penerbangan ini.

Ini akan menjadi penerbangan berawak pertama yang dilakukan oleh roket New Shepard. Roket ini akan terbang ke ketinggian 100 km yang merupakan batas antara Bumi dan luar angkasa.

Bezos, Funk dan penumpang lainnya akan menikmati pemandangan dan merasakan sensasi melayang selama beberapa menit di dalam kapsul penumpang, sebelum kembali ke Bumi menggunakan parasut.



Simak Video "Persiapan Jeff Bezos Jelang Perjalanan ke Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)