China Pamerkan Video Perjalanan Rover Zhurong di Mars

ADVERTISEMENT

China Pamerkan Video Perjalanan Rover Zhurong di Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 28 Jun 2021 12:48 WIB
CNSA memamerkan tiga foto baru yang diambil rover Zhurong di Mars
China Pamerkan Video Perjalanan Rover Zhurong di Mars Foto: CNSA
Jakarta -

Badan antariksa China (CNSA) memamerkan video dan audio yang menampilkan hari-hari awal rover Zhurong di Mars. Video ini memperlihatkan proses pendaratan dan pergerakan rover Zhurong di permukaan Planet Merah.

Video pertama menunjukkan proses pendaratan rover Zhurong yang terjadi pada 14 Mei 2021 silam. Sistem parasut yang digunakan kapsul entry untuk mendaratkan Zhurong terlihat mengembang di atmosfer Mars.

Zhurong dan platform pendaratnya kemudian memisahkan diri dari kapsul, dan kamera yang berada di bagian bawah platform menangkap momen touchdown di permukaan Mars.

[Gambas:Youtube]



CNSA juga membagikan video yang memperlihatkan Zhurong keluar dari platform pendaratnya dan bergerak menuju permukaan Mars. Yang menarik, kita juga bisa mendengar suara mesin dan roda rover Zhurong saat bergerak.

Video lainnya direkam oleh kamera wireless yang menunjukkan Zhurong berjalan menjauh dari kamera mendekati platform pendaratnya, sebelum berbalik arah dan mengambil beberapa foto. Momen ini sebelumnya telah dibagikan oleh CNSA dalam bentuk foto selfie.

[Gambas:Youtube]



Sama seperti foto-foto rover Zhurong sebelumnya, video ini dikirimkan ke satelit Tianwen-1 yang ada di orbit Mars sebelum diteruskan ke Bumi.

"Pengorbit dan rover Mars dalam keadaan baik, melaporkan dengan aman dari Mars ke partai dan ibu pertiwi, dan mengirimkan berkat dari jauh pada peringatan seabad pendirian partai," kata CNSA dalam keterangan resminya yang merujuk pada satu abad pendirian Partai Komunis China, seperti dikutip dari BBC News, Senin (28/6/2021).

CNSA juga mengungkap saat ini Zhurong sudah berjalan sejauh 236 meter dalam 42 sol atau hari Mars. Satu sol memiliki durasi yang sedikit lebih panjang dibandingkan satu hari di Bumi, yaitu 24 jam dan 39 menit.

Misi Zhurong di Mars dijadwalkan berlangsung selama 90 hari. Tapi seperti rover lainnya di Mars, Zhurong bisa saja menjelajahi planet tetangga Bumi itu hingga bertahun-tahun selama belum mengalami kerusakan parah.

Rover seberat 240 kg itu memiliki kamera beresolusi tinggi yang dipakai untuk navigasi dan mengambil foto. Lima instrumen sains lainnya digunakan untuk menginvestigasi permukaan Mars dan menjadi es air di bawah permukaan.



Simak Video "Temuan Terbaru Rover Zhurong di Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT