Foto Menakjubkan Planet Bumi Jepretan Pesawat Juno

Foto Menakjubkan Planet Bumi Jepretan Pesawat Juno

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 12:20 WIB
Foto Bumi Juno
Foto Bumi yang dijepret Juno. Foto: NASA
Jakarta -

Pesawat antariksa milik NASA, Juno, sudah lama berada di orbit Planet Jupiter untuk melakukan penelitian di sana, tepatnya sejak 4 Juli 2016. Nah untuk nostalgia, Juno pernah menjepret Planet Bumi dengan hasil menakjubkan.

Pada tahun 2013 silam, Juno terbang mendekati Bumi. Seperti dikutip detikINET dari Universe Today, Selasa (22/6/2021), pada waktu itu Juno perlu dorongan lebih besar untuk mencapai Planet Jupiter, sehingga ia memanfaatkan bantuan dari gravitasi Bumi.

Juno mendapatkan dorongan kecepatan sampai sekitar 3,9 kilometer per detik. Bersamaan dengan itu, Juno juga sempat menjepret pemandangan Bumi dengan kamera JunoCam yang dibawanya, sebagai ajang uji coba atau pemanasan sebelum memotret Jupiter.

Foto itu dikirim kembali ke Bumi, kemudian dipajang di website. Tidak hanya ilmuwan, publik jika mau dapat mengunduhnya dan memperbaikinya sehingga gambarnya lebih bagus lagi. Maka dihasilkanlah foto Bumi bulat yang spektakuler ini.

Juno sendiri diluncurkan dari landasan Kennedy Space Center di Florida pada tanggal 5 Agustus 2011. Sejak tiba di orbit Jupiter pada tahun 2016 itu, pesawat ini telah banyak merekam foto planet tersebut sebagai bahan penelitian para ilmuwan di Bumi.

Foto Bumi JunoFoto Bumi yang dijepret Juno. Foto: NASA

Pada awalnya, Juno yang dibuat oleh pabrik Lockheed Martin ini dirancang hanya untuk beroperasi dalam durasi 7 tahun. Namun sampai saat ini, ia masih berfungsi dengan baik selama 9 tahun 10 bulan lebih.

Juno adalah pesawat kedua yang mengorbit Jupiter setelah misi Galileo juga oleh NASA, yang berlangsung pada tahun 1995 sampai 2003. Misinya adalah untuk mengukur komposisi Jupiter, medan gravitasi, sampai mencari petunjuk tentang bagaimana pada zaman dahulu kala Jupiter terbentuk.



Simak Video "Ada Uap Air Terdeteksi di Satelit Jupiter Ganymede"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)