Tiket ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Terjual Rp 397 Miliar

Tiket ke Luar Angkasa Bareng Jeff Bezos Terjual Rp 397 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 14 Jun 2021 10:50 WIB
Jakarta -

Sosok misterius akan terbang ke luar angkasa bersama Jeff Bezos menggunakan roket buatan Blue Origin. Orang tersebut memiliki dompet cukup tebal karena ia membeli tiket penerbangan tersebut lewat lelang dengan harga USD 28 juta atau sekitar Rp 397 miliar.

Pemenang lelang itu, yang tidak disebutkan namanya, akan terbang ke luar angkasa bersama Jeff Bezos dan saudaranya Mark menggunakan roket New Shepard pada 20 Juli mendatang. Blue Origin akan mengungkap identitas orang misterius itu dalam beberapa minggu ke depan.

"Seluruh tim Blue Origin tidak sabar ingin bertemu dengan pelanggan pertama kami," kata Director of Astronaut and Orbital Sales Blue Origin Ariane Cornell, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (14/6/2021).

"Mereka akan bergabung dengan Jeff Bezos dan saudaraya Mark dalam penerbangan bersejarah dengan New Shepard dalam waktu lima minggu. 20 Juli akan menjadi pengalaman seumur hidup," sambungnya.

Ini akan menjadi penerbangan berawak pertama yang dilakukan oleh roket New Shepard. Blue Origin melelang tiket penerbangan ini secara online mulai bulan lalu.

Penawaran awal dibuka dengan harga USD 4,8 juta tapi langsung melonjak ke angka USD 20 juta dalam hitungan menit. Blue Origin mengatakan ada sekitar 7.600 orang dari 159 negara yang mendaftar untuk mengikuti lelang.

Setelah melalui proses lelang tiga tahap, akhirnya Blue Origin mengumumkan pemenangnya dalam lelang live pada akhir pekan lalu. Hasil lelang senilai USD 28 juta nantinya akan disumbangkan untuk yayasan amal milik Blue Origin bernama Club for the Future yang akan mengajak anak-anak agar tertarik berkarier di bidang sains.

Selain Bezos bersaudara dan pemenang lelang, penerbangan perdana ini juga akan diikuti oleh penumpang keempat yang masih misterius. Blue Origin mengatakan nama awak keempat ini akan diumumkan dalam beberapa pekan ke depan.

Roket New Shepard akan membawa empat penumpang ini ke garis batas antara Bumi dan luar angkasa, atau yang biasa disebut garis Karman, di ketinggian sekitar 100 km. Bezos dan ketiga penumpang lainnya akan menghabiskan waktu sekitar 11 menit di luar angkasa untuk merasakan sensasi melayang di luar angkasa, sebelum kembali ke Bumi.

Jeff Bezos bukan satu-satunya miliarder yang menjual tiket wisata ke luar angkasa. Miliarder lainnya seperti Richard Branson dan Elon Musk juga menawarkan penerbangan serupa untuk umum lewat Virgin Galactic dan SpaceX.

Virgin Galactic menawarkan harga tiket yang jauh lebih murah yaitu sekitar USD 200.000 dan USD 250.000 untuk penerbangan suborbital. Sedangkan SpaceX mematok harga yang paling mahal yaitu USD 55 juta karena tujuannya pun lebih jauh yaitu International Space Station.

(vmp/vmp)