Fosil Dinosaurus Usia 180 Juta Tahun Ditemukan Nyaris Utuh

Fosil Dinosaurus Usia 180 Juta Tahun Ditemukan Nyaris Utuh

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 12 Jun 2021 20:30 WIB
Fosil Dinosaurus
Fosil dinosaurus di China. Foto: Global Times
Jakarta -

Para ahli paleontologi di China bersorak ketika menemukan fosil dinosaurus langka yang berusia ratusan juta tahun. Langka karena kondisinya sangat baik.

Seperti dikutip detikINET dari Global Times, Sabtu (12/6/2021), fosil itu ditemukan pada akhir Mei silam di Lufeng, provinsi Yunnan. Keadaannya 70% utuh dan diestimasi panjangnya mencapai 8 meter.

"Fosil dinosarus yang sedemikian lengkap adalah penemuan yang langka di seluruh dunia. Fosil ini bisa disebut sebagai harta karun nasional dan penemuannya akan dipertimbangkan sebagai event mengejutkan dalam sejarah paleontologi global jika kita bisa menggali tulang kepala fosil ini dalam proyek eskavasi selanjutnya," kata Wang Tao, kepala Dinosaur Fossil Conservation and Research Center di kota Lufeng.

Usia fosil dinosaurus ini diperkirakan lebih dari 180 juta tahun, pada saat Bumi dalam periode Jurassic. Sedangkan jenisnya diperkirakan adalah Lufengsaurus.

"Menurut fosil yang kami temukan selama bertahun-tahun dan berdasarkan tulang ekor dan pahanya, seharusnya ini adalah tipe Lufengsaurus raksasa, yang hidup dalam masa awal Jurassic. Kami mengestimasi seluruh fosilnya sepanjang 8 meter," tambah dia.

Lufengsaurus yang juga dikenal sebagai sauropod adalah dinosaurus herbivora alias pemakan tumbuh-tumbuhan. Ia eksis di dunia antara 200 sampai 174 tahun silam dan merupakan hewan asli di wilayah Asia termasuk China serta Laos.

Saat ini, upaya penggalian fosil dinosaurus ini dilakukan dengan sangat hati-hati oleh para pakar di China. Terlebih lagi fosil bersangkutan berada di daerah perbukitan yang cukup rawan erosi. Penggalian juga tidak dilakukan hanya dalam satu tahap karena prosesnya yang kompleks dan demi menyelamatkan fosil itu dalam keadaan benar-benar utuh.



Simak Video "Kesiapan Arkeolog China Ungkap Misteri Fosil Dinosaurus di Lufeng"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)