Ini Dalang Teori Konspirasi Pendaratan di Bulan adalah Palsu

Ini Dalang Teori Konspirasi Pendaratan di Bulan adalah Palsu

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 21:30 WIB
NASA Pamer Foto Penjelajahan Astronaut ke Bulan
Pendaratan pertama Amerika di Bulan dipercaya sebagian orang sebagai kejadian palsu. Dari mana asal usul teori konspirasi ini? Foto: NASA
Jakarta -

Pendaratan pertama Amerika di Bulan pada 1969 adalah kejadian luar biasa dan merupakan pencapaian terbesar manusia pada masa itu. Meski begitu, ini dipercaya sebagian orang sebagai kejadian palsu. Dari mana asal usul teori konspirasi ini?

Semua bermula dari seorang pria dan pamflet miliknya yang bertuliskan 'kebohongan Amerika USD 30 miliar'. Ialah Bill Kayshing yang menyebutkan kejadian pendaratan di Bulan adalah hoax sebagaimana ditulis The Guardian.

Kaysing merupakan karyawan Rocketdyne, sebuah perusahaan yang membantu merancang mesin roket Saturn V. Pada tahun 1976, dia menerbitkan sendiri sebuah pamflet berjudul 'We Never Went to the Moon: America's Thirty Billion Dollar Swindle'.

Terlepas dari bukti yang luar biasa termasuk 382 kg batu Bulan yang dikumpulkan dari enam misi; bukti dari Rusia, Jepang dan China; dan gambar dari NASA Lunar Reconnaissance Orbiter yang menunjukkan jejak yang dibuat oleh para astronot di debu Bulan, kepercayaan pada konspirasi ini telah berkembang sejak 1969.

Teori ini biasanya juga dipercaya oleh para anti-vaxxers, chemtrailer, penganut Bumi datar, penyangkal Holocaust, dan konspirasis Sandy Hook. Tokoh podcast Joe Rogan adalah salah satu orang yang meragukan. Begitu pula dengan YouTuber Shane Dawson. Seorang profesor sosiologi di New Jersey pernah juga memberi tahu murid-muridnya bahwa pendaratan itu palsu.

Sementara Kaysing mengandalkan lembaran fotokopi untuk menyebarkan informasi ini, sekarang yang menyebarkan konspirasi ini memanfaatkan media lain seperti situs Reddit.

"Kenyataannya adalah, internet telah memungkinkan orang untuk mengatakan apa pun yang mereka suka kepada lebih banyak orang daripada sebelumnya," keluh Roger Launius, mantan kepala sejarawan NASA.

"Dan sebenarnya, orang Amerika menyukai teori konspirasi. Setiap kali sesuatu yang besar terjadi, seseorang memiliki penjelasan balasan," katanya.

Di era modern sekarang, kepercayaan terhadap penjelajahan ke luar Bumi sudah makin meningkat. Tapi ngomong-ngomong nih detikers, ada yang masih percaya bahwa pendaratan di Bulan adalah sebuah kebohongan?



Simak Video "Detik-detik Roket China Tianzhou-3 Meluncur ke Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)