Tips Motret Gerhana Bulan Total 26 Mei Pakai HP

Tips Motret Gerhana Bulan Total 26 Mei Pakai HP

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 26 Mei 2021 18:16 WIB
Foto kombo gerhana bulan parsial terlihat di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (17/7/2019). Fenomena gerhana bulan setengah tersebut hanya terlihat hingga pukul 04.00 WIB karena sebagian langit tertutup awan di kota itu. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jakarta -

Gerhana Bulan total 26 Mei 2021 sayang jika dilewatkan begitu saja. Para pencinta astronomi mungkin tak cukup sekadar menyaksikan, tapi ingin mengabadikannya lewat bidikan kamera. Berikut ini tips memotret gerhana Bulan, pakai HP pun bisa.

Diperlukan beberapa persiapan dalam memotret gerhana Bulan. Untuk diketahui, lensa pada kamera smartphone merupakan lensa sudut lebar sehingga ketika digunakan objek langit jauh seperti Bulan, penampakannya terlihat begitu kecil.

Perhatikan tips yang dikutip dari Infoastronomy.org di bawah ini agar gerhana Bulan total 26 Mei terabadikan dengan sempurna.

1. Jangan pakai zoom

Beberapa kamera kini dibekali fitur zoom canggih yang menghasilkan jepretan berkualitas yang diambil dari dari jarak jauh. Bagaimanapun, fitur tersebut hanya digital zoom.

Fitur ini memungkinkan kamu memperbesar objek gambar agar kelihatan seolah mendekat, jadi bukan fitur zoom yang sebenarnya seperti optical zoom pada kamera DSLR. Fitur ini hanya melakukan crop pada hasil foto yang bisa menurunkan kualitasnya.

2. Manfaatkan latar depan

Ketimbang menggunakan fitur digital zoom, kalian bisa menggunakan teknik foto lain yaitu dengan mengikutsertakan foreground atau latar depan. Jadi alih-alih haya fokus pada Bulan, kalian bisa memanfaatkan latar depan seperti pepohonan, bangunan, dan lain-lain agar hasil foto lebih menarik.

3. Matikan flash

Memotret gerhana Bulan total adalah fotografi dengan cahaya minim. Untuk pengaturan kameranya, mulailah dengan mematikan flash. Meski pemotretan dilakukan malam hari, kita tidak perlu flash.

4. Pakai mode manual

Masuklah ke mode manual pada kamera smartphone. Dengan masuk ke mode ini, kalian bisa leluasa mengatur beberapa parameter penting dalam memotret seperti ISO dan shutter speed.

5. Atur ISO dan shutter speed

Selanjutnya, pada mode manual atur ISO dan shutter speed ke angka yang paling rendah yang tertera di layar hp kalian. Pengaturan ini berguna agar kualitas gambar yang dihasilkan bisa maksimal.

6. Sesuaikan exposure

Selain ISO dan shutter speed, exposure juga perlu diatur. Saat ini sudah banyak kamera hp yang exposure-nya bisa diatur. Penyesuaian exposure berfungsi untuk mengatur kecerahan gambar sehingga kalian bisa mengatur intensitas cahaya Bulan dan lingkungan sekitar yang diinginkan.

7. Gunakan teleskop

Untuk mendapatkan gambar Bulan yang besar pada hasil foto, fotografer membutuhkan lensa tele. Tapi karena smartphone tidak bisa dipasangi lensa tele, kita bisa mengubah caranya dengan memasangnya pada teleskop.

Teleskop berfungsi sebagai pengumpul cahaya. Dengan menempelkan kamera smartphone pada teleskop, hasil foto tentunya jadi bisa lebih jelas. Buat kalian ingin memanfaatkan teleskop, perlu membeli adapter kamera smartphone untuk teleskop. Pasang smartphone kalian pada adapter tersebut lalu adapternya dipasang pada eyepiece teleskop.

tips memotret gerhana bulan total

Gerhana Bulan total 26 Mei bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia tanpa bantuan alat optik. Puncak gerhana Bulan total ini terjadi pukul 18.13.30 WIB/19.13.30 Wita/20.13.20 WIT.



Simak Video "Antusiasme Warga Surabaya Melihat Gerhana Bulan Total"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)