Ambisi ke Mars, Elon Musk Malah Kena Troll di Hari Bumi

Ambisi ke Mars, Elon Musk Malah Kena Troll di Hari Bumi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 25 Apr 2021 05:45 WIB
Elon Musk Lawsuit
Ambisi ke Mars, Elon Musk Malah Kena Troll di Hari Bumi Foto: Getty Images
Jakarta -

Elon Musk dikenal berambisi membangun koloni manusia di Planet Mars. Tapi cita-citanya ini justru membuat Musk kena troll dengan cara yang cukup kreatif saat Hari Bumi beberapa waktu yang lalu.

Activista, agensi kreatif asal Los Angeles, California, memasang iklan billboard bertuliskan 'Mars sucks' atau 'Mars menyebalkan' di luar markas SpaceX di Hawthorne, California.

Iklan ini dipasang sehari sebelum peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April kemarin. Dari pesan yang diunggah di Twitter, sepertinya Activista tidak setuju dengan ambisi Musk dan lebih memilih fokus untuk menyelamatkan Bumi.

"Apa yang tidak menyebalkan? Bumi. Tapi cara kita memperlakukannya sejujurnya, menyebalkan," tulis Activista dalam cuitannya, seperti dikutip dari India Today, Minggu (25/4/2021).

"Dan kemudian, Anda memimpikan Mars. Lubang neraka. Tanah tandus, sunyi yang tidak bisa Anda injak dengan cukup cepat. Bagus, kita sudah sampai di Mars. Sekarang mari kita prioritaskan Bumi," sambungnya.

Ambisi Elon Musk ke Mars disindir saat Hari BumiIklan billboard di luar markas SpaceX yang menyindir Elon Musk Foto: Screenshot/detikINET

Musk pertama kali mengutarakan mimpinya untuk membangun kehidupan di Mars dalam sebuah konferensi pada tahun 2016. Ia mengatakan Interplanetary Transport System (ITS) yang telah direncanakan bisa membawa setidaknya 100 orang ke Mars dalam satu kali terbang.

Salah satu perusahaan miliknya, SpaceX, juga berencana mendirikan koloni manusia di Planet Merah dalam 50-100 tahun ke depan. Untuk mewujudkan visinya tersebut, Musk sudah membangun beberapa prototipe roket Starship yang direncanakan bisa mengantarkan astronaut ke Mars pada tahun 2024.

Menurut pandangan CEO SpaceX dan Tesla ini, Bumi tidak akan layak huni lagi bagi manusia karena perubahan iklim, asteroid, atau bencana lainnya. Dengan pindah ke Mars manusia bisa menghindari hal tersebut.

Musk sampai saat ini tidak merespons iklan sindiran tersebut. Billboard tersebut kini telah diturunkan karena hanya dipasang selama 24 jam, tapi Activista sudah menyiapkan situs resmi dan kampanye media sosial anti-Mars dan pengunjung situs tersebut diminta untuk menyumbang ke organisasi lingkungan hidup.



Simak Video "Misi Elon Musk Bawa 'Dogecoin' ke Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)