Ngeri! 2,5 Miliar T. rex Pernah Jelajahi Bumi Jutaan Tahun yang Lalu

Ngeri! 2,5 Miliar T. rex Pernah Jelajahi Bumi Jutaan Tahun yang Lalu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 17 Apr 2021 06:20 WIB
kerangka T-rex dilelang
Ngeri! 2,5 Miliar T. rex Pernah Jelajahi Bumi Jutaan Tahun yang Lalu Foto: Christie's
Jakarta -

Tyranosaurus rex atau T. rex merupakan salah satu predator paling mengerikan yang pernah ada di Bumi. Siapa sangka, di masa jayanya pernah ada 2,5 miliar ekor T. rex yang menjelajahi Bumi.

Angka tersebut merupakan hasil dari penelitian ilmuwan yang memperkirakan total populasi T. rex saat dinosaurus mengerikan ini menghuni Amerika Utara selama 2,4 juta tahun.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan ilmuwan untuk mendapatkan angka ini termasuk ukuran cakupan geografis, massa tubuh, pola tumbuh, usia kematangan seksual, usia harapan hidup, durasi satu generasi dan total waktu T. rex berada di Bumi sebelum punah 66 juta tahun yang lalu.

Mereka juga mengikuti doktrin yang disebut hukum Damuth yang mengaitkan populasi dengan massa tubuh. Intinya, semakin besar ukuran tubuh hewan, semakin kecil kepadatan populasinya.

Hasil analisis ini menemukan jumlah populasi T. rex yang pernah ada di Bumi adalah sekitar 2,5 miliar ekor. Tapi dalam satu waktu, diperkirakan ada 20.000 T. rex dewasa yang menebar teror di Bumi.

"Kenapa ikonik? Pembunuh besar dengan gigi super besar, yang tidak akan pernah kalian impikan jika kita tidak memiliki catatan fosil," kata Director of the University of California Museum of Paleontology sekaligus pemimpin penelitian ini, Charles Marshall seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (17/4/2021).

"Jadi tidak hanya super keren dan di luar imajinasi, tapi nyata. Seperti Godzilla, tapi benar-benar nyata. Dan saya pikir kita suka merasa kecil, dan T. rex pasti membuat kita merasa kecil dan rentan," sambungnya.

T. rex menguasai Amerika Utara sekitar 1,2 sampai 3,6 juta tahun yang lalu. Ia merupakan salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ada dengan tengkorak sepanjang 5 meter, gigi bergerigi sebesar pisang, rahang besar yang bisa meremukkan tulang, dan indera penciuman yang sangat kuat.

Salah satu T. rex terbesar yang sudah ditemukan adalah spesimen bernama Sue yang dipajang di Field Museum di Chicago, AS. Spesimen ini memiliki panjang 12,3 meter, berat 9 ton dan hidup selama 33 tahun.

Studi ini juga memperkirakan berat rata-rata seekor T. rex dewasa adalah 5,2 ton, dengan rata-rata usia hidup 28 tahun. Diperkirakan ada seekor T. rex di tiap area seluas 100 km persegi.

Karena banyak variabel yang masih tidak pasti, tim peneliti mengatakan populasi total T. rex bisa sekecil 140 juta ekor atau sebanyak 42 miliar ekor, dengan nilai tengah 2,5 miliar.

"Mengejutkan betapa banyaknya yang kita tahu tentang dinosaurus ini dan, dari situ, berapa banyak lagi yang bisa kita hitung," kata Marshall.

"Pengetahuan kita tentang T. rex telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir berkat lebih banyak fosil, lebih banyak cara untuk menganalisis mereka, dan cara yang lebih baik untuk mengintegrasikan informasi dari berbagai fosil yang diketahui," pungkasnya.



Simak Video "Inikah Wujud Fosil Dinosaurus Terbesar di Bumi?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)