7 Fakta Unik Planet Mars Dalam Angka

Balapan ke Mars

7 Fakta Unik Planet Mars Dalam Angka

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 20 Mar 2021 13:02 WIB
Satelit Uni Emirat Arab tangkap gambar menawan planet Mars
Planet Mars. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Planet Mars, sering disebut sebagai planet merah karena...ya, warnanya merah kalau dilihat dari Bumi. Mars juga adalah planet terkecil kedua di tata surya kita setelah Merkurius.

Namun, masih banyak hal menarik dari planet yang belakangan sering menjadi bahan pembicaraan ini. Berikut adalah fakta unik planet Mars dalam angka yang dihimpun dari NASA seperti dilihat Sabtu (20/3/2021). Yuk kita simak:

  • Jarak dari matahari

    Mars berjarak 228 juta km dari Matahari, sementara Bumi jaraknya 149 juta km. Jaraknya yang lebih jauh ke Matahari ini membuat suhu rata-rata di Mars lebih rendah dari Bumi.
  • Suhu Rata-rata

    Jika dirata-rata, suhu di Mars adalah -63 derajat celcius, dengan rentang antara 30 derajat celcius sampai -140 derajat celcius. Terpaut cukup jauh dibanding Bumi yang suhu rata-ratanya adalah 14 derajat celcius, yaitu antara 58 derajat celcius sampai -88 derajat celcius.
  • Kecepatan orbit

    Kecepatan orbit Mars ke Matahari adalah 14,5 mil per detik, sementara Bumi kecepatan orbitnya adalah 18,5 mil per detik. Satu tahun di Bumi adalah 365,25 hari dan di Mars setahun setara dengan 687 hari. Sementara satu hari di Bumi adalah 23 jam 56 menit, dan di Mars satu hari adalah 24 jam 37 menit.
  • Gravitasi

    Gravitasi di Mars lebih kecil dibanding Bumi, yaitu 0,375 kali. Atau jika dibalik, gravitasi Bumi adalah 2,66 kali di Mars. Apa artinya? Jika berat Anda di Bumi adalah 80kg, maka kalau anda menimbang di Mars maka beratnya hanya 30kg.
  • Ada oksigen?

    Atmosfer Bumi berisi 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% lainnya. Namun di Mars berbeda jauh. Di mana atmosfernya 96% berisi karbon dioksida, <2% argon, <2% nitrogen, dan <1% lainnya.
  • Ukuran

    Jika melihat diameter, Bumi diameternya adalah 12.755 km, sementara Mars jauh lebih kecil, hampir setengah Bumi, yaitu 6.791 km. Lalu soal volume, Mars hanya 15% dari Bumi. Dengan kata lain, untuk menyamai volume Bumi, butuh lebih dari enam Mars.
  • Punya dua bulan

    Jika Bumi hanya punya satu bulan, maka Mars punya dua bulan, yaitu Phobos dan Deimos. Namun ukuran kedua bulan ini sangat kecil, diameter Phobos adalah 22,2 km dan Deimos 12,6km. Sementara bulannya Bumi diameternya 3.474 km, atau setengah dari diameter Mars.



Simak Video "Usai Sempat Meledak, SpaceX Berhasil Daratkan Starship Terbarunya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)