Viral Foto Kapal Tanker Melayang di Udara Bikin Heran

Viral Foto Kapal Tanker Melayang di Udara Bikin Heran

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 05:48 WIB
Fatamorgana kapal
Jepretan kapal tanker melayang. Foto: Independent
Jakarta -

Sebuah kapal tanker besar terlihat tidak berlayar di lautan melainkan di atasnya atau di udara sehingga menjadi viral. Apa penjelasan di balik fenomena pemandangan yang aneh ini? Ternyata berkaitan dengan fatamorgana.

Penampakan itu diabadikan oleh seorang warga di Inggris bernama David Morris. Awalnya, dia berjalan di pantai area Falmout di Cornwall. Begitu melihat lautan lepas, ia kaget memandang kapal tanker besar di kejauhan yang melayang itu sehingga dia langsung menjepretnya.

Dalam foto yang kemudian viral di media sosial, kapal tanker tersebut seperti berada di langit, bukan di tempat seharusnya yaitu di atas air laut. Apa penjelasannya? Bisa ditebak bahwa ini merupakan ilusi optik, bukan berkaitan dengan hal gaib.

Seperti dikutip detikINET dari Guardian, Minggu (7/3/2021), efek bersangkutan adalah contoh dari fenomena yang dinamakan sebagai fatamorgana superior. Umumnya terjadi di wilayah Arktik, namun kadang terjadi di Inggris pada musim dingin jika kondisinya tepat, walaupun sangat langka.

Ilusi disebabkan oleh fenomena cuaca yang disebut pembalikan temperatur. Normalnya, temperatur udara turun jika ketinggian meningkat. Namun saat pembalikan temperatur, udara hangat berada di atas udara dingin, membuat persepsi visual manusia terganggu.

Lantaran udara dingin lebih padat dari udara hangat, maka sinar dari kapal itu dibengkokkan oleh udara dingin menuju ke mata pengamat. Itu sebabnya posisi kapal terlihat lebih tinggi dari yang seharusnya.

"Fatamorgana superior muncul karena kondisi cuaca yang dikenal sebagai temperature inversion, di mana udara dingin berada dekat dengan lautan dengan udara hangat di atasnya. Ini mengubah bagaimana penampakan obyek yang jauh," kata David Braine, ahli meteorologi BBC.



Simak Video "Detik-detik Penemuan 2 ABK Korban Kecelakaan Kapal di Indramayu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)