7 Fakta Menarik Mars, Planet Incaran Berbagai Bangsa

7 Fakta Menarik Mars, Planet Incaran Berbagai Bangsa

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 14 Feb 2021 06:15 WIB
Planet Mars
Planet Mars. Foto: NASA
Jakarta -

Mars adalah planet keempat dari Matahari. Selain itu, Mars juga merupakan planet terkecil kedua di tata surya kita setelah Merkurius. Karena penampakan warnanya, Mars sering juga disebut sebagai planet merah. Apalagi yang kamu ketahui tentang Mars?

Nyatanya memang masih banyak fakta-fakta tentang Mars. Berikut ini adalah 7 fakta menarik tentang Mars, yang belakangan jadi sasaran penelitian beberapa negara, seperti dikutip detikINET dari Brainberries.

1. Total daratan Mars

Mars diperkirakan sekitar 15% dari volume dan 10% dari massa Bumi, namun mereka memiliki daratan yang sangat mirip. Hal ini karena Bumi kita tertutupi oleh 70% air sedangkan Mars tidak. Selain itu, gravitasi di Mars hanya 37% dari gaya gravitasi kita (di Bumi). Artinya, jika kalian tinggal di Mars, kalian bisa melompat 3 kali lebih tinggi dari yang kalian bisa lakukan di Bumi.

2. Kenapa Mars disebut Mars?

Tahu tidak, Mars diambil dari nama dewa perang Romawi. Sementara itu, orang-orang Yunani kuno menyebut Mars sebagai Ares, yang secara kebetulan adalah dewa perang mereka. Mengapa kedua peradaban ini menamai Mars dengan nama dewa perang mereka? Konon hal ini karena warna Mars yang merah, melambangkan pertumpahan darah saat perang.

3. Mars ada di Bumi

'Potongan-potongan' Mars sebenarnya telah ditemukan di Bumi, termasuk jumlah jejak atmosfer Mars yang ada di dalam meteorit yang berasal dari Mars. Meteorit tersebut mengorbit tata surya kita selama jutaan tahun sebelum akhirnya memasuki atmosfer kita dan jatuh ke Bumi. Tentu saja, studi tentang meteorit ini memungkinkan kita belajar lebih banyak tentang Mars.

4. Misi ke Mars

Sejauh ini ada puluhan misi ke Mars dari Bumi. Semuanya dimulai pada tahun 1960 dengan misi Marsnik 1 USSR. Namun dari cukup banyak misi pendaratan, penjelajahan, dan pengorbitan ke Mars, hanya sekitar separuh yang sukses. Terbaru adalah wahana milik Uni Emirat Arab dan China yang berhasil memasuki orbit Mars dengan selamat.

5. Mars punya gunung tertinggi di Tata Surya

Disebut Olympus Mons, gunung ini tingginya 21 km dan diameter 600 km, paling menjulang di Tata Surya. Jenis gunung berapi ini terbentuk miliaran tahun lalu. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Olympus Mons masih merupakan gunung berapi aktif.

6. Martians atau orang Mars

Mars diyakini dulunya dihuni kehidupan cerdas seperti di Bumi, karena ditemukan jejak berupa garis atau lekukan di permukaan planet. Garis-garis bernama canali ini pertama kali ditemukan oleh astronom Italia Giovanni Schiaparelli. Sayangnya setelah kemajuan ilmu astronomi, garis-garis tersebut terbukti hanya ilusi optik. Namun demikian, para ilmuwan tak kenal lelah mencari bukti kehidupan Mars di masa silam meski mungkin yang akan ditemukan hanyalah sejenis mikroba.

7. Mars dinilai ramah untuk ditinggali

Di luar Bumi, Mars disebut planet paling ramah untuk kehidupan di tata surya. Karena itu, ada banyak misi luar angkasa ke Mars yang direncanakan selama beberapa dekade mendatang. Misi-misi ini akan membantu kita memahami lebih lanjut tentang Mars, dan khususnya apakah planet ini dapat menampung kehidupan di luar Bumi atau menjadi planet yang layak untuk koloni Bumi di masa depan.



Simak Video "Suara Angin yang Terekam dari Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)