Penelitian Terbaru Ungkap Alasan Kematian Genghis Khan

Penelitian Terbaru Ungkap Alasan Kematian Genghis Khan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 09 Feb 2021 07:30 WIB
Alun-alun Genghis Khan, China
Penelitian ungkap alasan kematian Genghis Khan. Foto: (Wahyu/detikTravel)
Jakarta -

Entah mengapa, kematian tokoh-tokoh yang dicintai dan orang-orang legenda dalam sejarah cenderung agak sedikit dilebih-lebihkan. Genghis Khan merupakan salah satu orang yang terkena rumor seputar kematiannya.

Khan, pendiri dan penguasa brutal Kekaisaran Mongol yang menjadi kekaisaran terbesar dalam sejarah, meninggal pada Agustus 1227.

Sedikit yang diketahui secara pasti tentang kematiannya. Ia dimakamkan di sebuah kuburan tak bertanda. Kemungkinan dalamnya makam tersebut adalah 20 meter apabila praktik penguburan untuk raja-raja Xiongnu diikuti. Hal ini membuat tubuhnya hampir mustahil untuk diselidiki.

Kisah kematiannya yang paling terkenal adalah bahwa ia meninggal karena luka-luka setelah jatuh dari kudanya selama pertempuran dengan pasukan Tiongkok dari luka panah yang terinfeksi. Ada juga yang menyebut bahwa dia meninggal karena kehilangan darah setelah dikebiri oleh seorang putri Tangut.

"Semua legenda ini kemungkinan besar dibuat selanjutnya dan gagal memperhitungkan - atau bahkan sengaja mengabaikan - fakta sejarah yang ada," tulis peneliti dari Flinders University di Adelaide dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Infectious Diseases.

"Yaitu bahwa keluarga dan pengikut Khan diperintahkan untuk menjaga kematian Khan sebagai rahasia mereka yang paling tersembunyi, karena itu terjadi pada waktu yang salah ketika bangsa Mongol berada pada tahap vital penaklukan yang mereka inginkan atas Xia Barat, kekaisaran tempat mereka berperang. selama lebih dari 20 tahun," sambungnya sebagaimana melansir IFL Science.

Tim tersebut ingin menyelidiki kematian Khan dari perspektif medis-historis. Dalam The History of Yuan, para peneliti menulis, Khan merasa tidak enak badan dan mengalami demam antara 18 Agustus dan 25 Agustus 1227. 8 hari setelah serangan, dia meninggal.

Penelitian sebelumnya berspekulasi bahwa dia meninggal karena tifus, meskipun penelitian baru menyatakan bahwa tidak ada gejala lain yang terkait dengan penyakit tersebut seperti muntah dan sakit perut yang disebutkan.

Mereka berpendapat bahwa mengingat keadaan umum penyakit yang mencengkeram pasukannya sejak tahun 1226, ada kesimpulan yang lebih masuk akal bahwa wabah pes adalah penyebab kematian Khan. Kalau menurut kamu, alasan kematian apa yang paling mungkin dialami Genghis Khan?

Simak juga video 'Pesta bareng Genghis Khan di Inner Mongolia':

[Gambas:Video 20detik]



(ask/afr)