Cryonics, Cara Hidup Abadi dengan Bekukan Mayat untuk Dihidupkan Lagi

Cryonics, Cara Hidup Abadi dengan Bekukan Mayat untuk Dihidupkan Lagi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 07 Feb 2021 11:29 WIB
ALCOA LIFE EXTENSION FOUNDATION
Metode membekukan orang untuk dihidupkan lagi beberapa puluh tahun mendatang. Foto: ALCOA LIFE EXTENSION FOUNDATION
Jakarta -

Keinginan manusia untuk berumur panjang dan melihat masa depan tampaknya memiliki secercah harapan. Beberapa organisasi telah menawarkan opsi untuk melakukan cryonics yakni sebuah metode membekukan orang untuk dihidupkan lagi pada beberapa puluh tahun mendatang ketika teknologi sudah semakin pesat berkembang.

Dengan kata lain, cryonics menjanjikan seseorang yang telah meninggal untuk kembali dihidupkan. Janji besar yang tampaknya butuh usaha ekstra untuk ditepati.

Cryonics mulai menggema ketika tahun 1967 terjadi proses pembekuan jenazah pertama kalinya. Ialah James Bedford seorang pasien kanker yang tubuhnya masih ada di mesin pendingin yang didesain pioneer cryonics, Edward Hope, hingga sekarang.

Ketika melakukan proses cryonics, ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh orang yang telah mendaftar untuk ikut eksperimen ini. Pertama adalah membekukan seluruh tubuhnya, dan kedua, membekukan hanya otak miliknya untuk kemudian ditransplantasi pada orang lain beberapa tahun mendatang.

Untuk tempat pembekuan, biasanya jenazah akan dibekukan dalam sebuah tangki berisikan liquid nitrogen dengan suhu sekitar -130°C, mengutip Science Focus.

Banyak organisasi terdengar sangat optimis melakukan ini. Prof Brian Grout, Chairman of Society for Low-Temperature Biology mengatakan bahwa cryonics telah menjadi lebih kredibel dalam beberapa tahun terakhir. Namun ada satu kendala yang menarik perhatiannya.

"Kesulitan terbesar bukanlah apakah mungkin untuk memulihkan seseorang secara utuh dari suhu sangat rendah - ada kemungkinan yang masuk akal yang akan terjadi di masa depan. Faktanya mereka akan mati. Jika mereka mati saat dibekukan, mereka masih akan sangat mungkin tetap mati saat Anda mencairkannya," tuturnya.

Ada banyak organisasi yang menawarkan peluang untuk proses cryonics di antaranya KrioRus perusahaan asal Rusia dan Alcor Life Extension Foundation. Opsi tahun 'pembangkitan' jenazah yang dibekukan berkisar antara 2070-2090, tergantung dari seberapa pesat kemajuan teknologi untuk mengembangkan ini.

Sebagai bocoran harga, jasa membekukan otak di KrioRus dibanderol £ 11.000 atau setara Rp 211 juta. Sedangkan membekukan badan dihargai £ 28.000 yang mana berkisar Rp 539 juta.



Simak Video "Postingan Perdana Ratu Elizabeth di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)