Gabung Klub Orang Jenius Indonesia, Kegiatannya Apa Saja?

Gabung Klub Orang Jenius Indonesia, Kegiatannya Apa Saja?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 09:43 WIB
Kenalin Mensa Indonesia, Grup Orang IQ Tinggi di Indonesia
Mensa Indonesia kelompok ber-IQ tinggi di Indonesia. Foto: Dok. Mensa Indonesia
Jakarta -

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ada organisasi berisi orang-orang dengan IQ tinggi di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1991. Tapi tak sembarangan, organisasi ini juga memiliki misi utama.

detikINET berkesempatan untuk berbincang langsung dengan Karly Mulyadi Chairman of Mensa Indonesia melalui pesan singkat. Pria yang akrab disapa Karly ini menjelaskan kepada detikINET mengenai tiga misi utama Mensa yang selalu sama di belahan dunia mana pun tempat organisasi Mensa berada.

Misinya antara lain:

  1. Untuk mengidentifikasi dan menumbuhkan kecerdasan manusia untuk kepentingan kemanusiaan;
  2. Untuk mendorong penelitian tentang sifat, karakteristik, dan penggunaan kecerdasan;
  3. Untuk menyediakan lingkungan yang bisa men-stimulasi aspek intelektual dan aspek sosial bagi anggotanya.

Sesuai dengan misi utama nomor 1 tersebut di atas, apabila ada kesempatan, Mensa Indonesia akan berkontribusi aktif baik secara langsung maupun tidak langsung untuk membangun Indonesia. Salah satunya yang pada tahun 2012, dalam ajang Asian Mensa Gathering yang dilaksanakan di Bali.

"Member Mensa dari berbagai negara yang hadir telah berhasil membuat Mapping Brain-Way to Upgrade the Economy Status of the Poor. Hasil rekomendasi tersebut diberikan kepada almarhum Dr HS Dillon yang saat itu menjadi Utusan Khusus Presiden bidang Penanggulangan Kemiskinan (2011-2014)," jelas Karly.

Sumbangsih Mensa Indonesia pun tak hanya dari kegiatan akademis melainkan juga melalui wujud kepedulian antar sesama. Mensa Indonesia sudah beberapa kali mengadakan acara pengumpulan donasi dari para anggota untuk disumbangkan kepada yayasan anak tuna grahita.

"Dan juga tahun lalu mengumpulkan donasi untuk pembelian APD bagi para tenaga kesehatan yang sedang berjuang di garis depan melawan pandemi COVID-19, yang didistribusikan ke beberapa rumah sakit di Jakarta, Bandung, dan Surabaya," pungkasnya.



Simak Video "Agnez Mo dan Maudy Ayunda Dilirik Grup Orang Jenius Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)