Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah

Masya Allah! Besok Malam Purnama Lurus Searah Ka'bah di Makkah

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 28 Jan 2021 13:38 WIB
Fenomena Supermoon atau posisi bulan terdekat dengan bumi terpantau dari kota Kudus, Kamis (7/5/2020). Fenomena Supermoon terakhir untuk tahun 2020 bernama flower moon  tersebut bisa terlihat sepanjang malam di seluruh dunia dan dapat disaksikan mulai Rabu malam (6/5/2020) hingga tiga hari ke depan. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/nz
Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO
Jakarta -

Tanggal 29 Januari 2021 nanti akan ada fenomena spesial. Di mana saja kita melihat purnama, itu berarti kita tengah menghadap ke arah kiblat. Masya Allah!

Hal ini diungkapkan langsung nih, detikers, oleh Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin. Ia menjelaskan dalam unggahannya di akun Facebook miliknya.

"Purnama (fase bulan 100%) besok malam sangat istimewa. Pada dini hari 29 Januari 2021 pukul 04.43 WIB bulan berada pada posisi kulminasi (di zenit, altitude 90 derajat) di atas Mekkah. Itu artinya, di mana saja kita melihat purnama saat itu berarti kita sedang menghadap ke arah kiblat/ka'bah di Mekkah," tulis Thomas sembari menyertakan sebuah tangkapan layar.

Unggahan Thomas ini pun disambut beragam komentar dari netizen. Kebanyakan merasa kagum dengan fenomena yang akan berlangsung pada dini hari nanti. Banyak juga yang berharap agar cuaca cerah sehingga bisa melihat Bulan dengan jelas.

"Luar biasa, Prof," kata salah seorang warganet.

"Semoga tidak mendung Prof... Terima kasih banyak infonya," sahut yang lainnya.

Tak hanya itu, warganet juga mengaku akan memanfaatkan momen ini untuk mengoreksi arah kiblat di rumah mereka.

"Pas waktu shalat subuh ya Prof. Insya Allah diamati. Juga untuk mengoreksi arah kiblat. Terima kasih infonya," ujar seseorang.

Momen ini merupakan salah satu fenomena yang spesial khususnya bagi umat muslim. Jadi, nanti kalau mau shalat Subuh jangan lupa untuk intip Bulan ya, detikers. Mumpung jarang-jarang, nih.



Simak Video "Rendahnya Daya Dukung Lingkungan Turut Andil Sebabkan Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)