Vaksin COVID-19 Cepat Jadinya, Pernah Ada Vaksin yang Secepat Itu?

Vaksin COVID-19 Cepat Jadinya, Pernah Ada Vaksin yang Secepat Itu?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 18 Jan 2021 05:30 WIB
Vaksinasi Corona secara nasional untuk para nakes dimulai. Berikut foto-foto vaksinasi di kawasan Depok dan Solo.
Vaksin COVID-19 dibuat dengan cepat, dalam sejarah adakah vaksin yang sama atau mendekati kecepatannya? Foto: Tim detikcom
Jakarta -

Vaksin corona muncul dengan berbagai merek dagang mulai Sinovac, Pfizer, sampai Astrazeneca. Belum ada dua tahun pandemi, vaksin-vaksin ini sudah siap meluncur. Pertanyaannya, pernahkah ada vaksin lain yang dibuat lebih cepat atau sama cepatnya dari vaksin corona?

Dalam sejarah kedokteran, jarang ada vaksin yang dikembangkan dalam waktu kurang dari lima tahun. Di antara yang tercepat untuk dikembangkan adalah vaksin gondongan yang diisolasi dari pencucian tenggorokan seorang anak bernama Jeryl Lynn pada tahun 1963.

Selama beberapa bulan berikutnya, virus secara sistematis dilemahkan di laboratorium oleh ayahnya, seorang ilmuwan biomedis bernama Maurice Hilleman. Virus yang dilemahkan seperti itu merangsang tanggapan kekebalan tetapi tidak menyebabkan penyakit. Uji coba pada manusia dilakukan selama dua tahun berikutnya, dan vaksin tersebut dilisensikan oleh Merck pada Desember 1967, mengutip KHN.

Diketahui, para peneliti di seluruh dunia sedang mengembangkan lebih dari 125 vaksin COVID-19 untuk melawan virus corona. Vaksin biasanya membutuhkan penelitian dan pengujian selama bertahun-tahun sebelum mencapai uji klinis, tetapi para ilmuwan berlomba untuk menghasilkan vaksin yang aman dan efektif hanya dalam waktu kurang lebih setahun.

Pekerjaan dimulai pada bulan Januari dengan penguraian genom Sars-CoV-2. Uji coba keamanan vaksin pertama pada manusia dimulai pada Maret. Beberapa percobaan akan gagal, dan yang lainnya berakhir tanpa hasil yang jelas. Tetapi beberapa dinilai berhasil merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi yang efektif melawan virus.

1. Vaksin corona PT Bio Farma
2. Vaksin corona China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm)
3. Vaksin corona Novavax
4. Vaksin corona Sinovac
5. Vaksin corona Pfizer-BioNTech
6. Vaksin corona Oxford-AstraZeneca
7. Vaksin corona Moderna



Simak Video "Vaksin COVID-19 Karya RI Pakai Sel Dendritik, Ini Cara Kerjanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/asj)