7 Fakta Menarik Samudra Pasifik yang Patut Diketahui

7 Fakta Menarik Samudra Pasifik yang Patut Diketahui

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 02 Jan 2021 17:50 WIB
Samudra Pasifik
Samudra Pasifik. Foto: Freeworldmaps
Jakarta -

Sebagai yang terluas, Samudra Pasifik mencakup sepertiga permukaan Bumi. Luas permukaannya mencapai 165,2 juta kilometer persegi.

Ada banyak hal yang menarik dan patut diketahui dari perairan yang membentang dari pantai barat Amerika Utara dan Amerika Latin hingga bagian timur benua Asia dan Australia. Apa saja.

1. Arti Nama Pasifik

Pada 1520, penjelajah asal Portugis Ferdinand Magellan memasuki samudra luas di sebelah barat Amerika. Dia menggambarkan perairan yang tenang. Sehingga dia menamainya dengan Pacifik yang bearti damai.

Ferdinand MagellanFerdinand Magellan Foto: History

2. Paling Banyak Air

Badan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) mengungkap bahwa Pasifik mencakup 49,4% dari semua air yang ada di samudra Bumi.

Dengan kedalaman rata - rata 13.000 kaki (4.000 meter), Pasifik sejauh ini merupakan subdivisi laut global terdalam. Selain itu, volumenya lebih dari dua kali Atlantik.

3. Punya Gunung Tertinggi di Dunia

Everest dikenal sebagai gunung tertinggi di dunia. Tapi bila diukur dari kaki hingga puncaknya makan Mauna Kea yang menjadi gunung tertinggi di Bumi.

Everest punya ketinggian 8.949 meter, sementara Mauna Kea mencapai 10.200 meter. Hanya saja sebagian besar bodinya di bawah permukaan laut Samudra Pasifik.

4. Suhu Bervariasi

Meski membentang menjadi satu, Samudra Pasifik punya suhu yang bervariasi. Semakin dekat ke khatulistiwa, semakin hangat suhu air. Sementara air di dekat kutub mencapai titik beku.

Point NemoPosisi Point Nemo Foto: (Google Maps)

5. Point Nemo yang Sulit Didatangi

Di Pasifik Selatan, jauh di bawah khatulistiwa, ada tempat bernama Point Nemo , juga dikenal sebagai "Kutub Laut yang Tidak Dapat Diakses". Point Nemo bukan berbentuk pulau, hanya bentangan lautan.

Dari area ini, kamu harus menempuh lebih dari 2.685 kilometer untuk mencapai pulau-pulau terdekat . Keterpencilan inilah yang membuat Point Nemo jadi target yang menarik bagi badan antariksa.

Roket, satelit, kapal kargo, dan stasiun luar angkasa yang telah melampaui kegunaannya dengan sengaja 'dikuburkan' ke laut di sekitar area ini, sehingga tidak akan mengganggu warga sipil.

Karenanya Point Nemo disebut "kuburan pesawat ruang angkasa". Saat ini sudah lebih dari 260 pesawat ruang angkasa terkubur di sana di kedalaman 4 kilometer di bawah permukaan air.

6. James Cameron

Di tahun 2012 sutradara Titanic dan Avatar, James Cameron, berhasil menyelesaikan perjalanan solo pertamanya ke Challenger Deep . Terletak 10.944 meter di bawah permukaan laut, ini adalah bagian terdalam dari Pasifik. Challenger Deep terletak di dasar Palung Mariana.

Point NemoDua pusaran di Samudera Pasifik Foto: Ocean Tracks

7. Punya Dua Pusaran Besar

Dua dari lima pusaran besar di dunia terjadi di Pasifik. Pertama di atas ekuator bernama Pusaran Pasifik Utara yang membentang searah jarum jam dari California ke Jepang. Kedua berada di bawahnya adalah Pusaran Pasifik Selatan yang bergerak ke arah berlawanan.



Simak Video "Jepang Rencana Buang Air Radioaktif Fukushima ke Samudra"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)