4 Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Corona di 2021

4 Ramalan Bill Gates Soal Pandemi Corona di 2021

Tim - detikInet
Jumat, 01 Jan 2021 05:27 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 27:  Bill Gates, the co-Founder of the Microsoft company and and co-Founder of the Bill and Melinda Gates Foundation, delivers a speech during a press conference at the Solidays festival, on June 27, 2014 in Paris, France. Bill Gates visited the 16th edition of the Solidays music festival, dedicated to the fight against AIDS.  (Photo by Thierry Chesnot/Getty Images)
Bill Gates. Foto: Getty Images/Thierry Chesnot
Jakarta -

Tahun 2021 telah tiba dan situasi pandemi Corona masih runyam. Bagaimana kira-kira perkembangan pandemi di tahun ini? Berikut berbagai ramalan dari Bill Gates yang berkecimpung secara aktif dalam mendukung pengembangan vaksin Corona:

1. Pandemi Corona Memburuk Terlebih Dahulu

Sebelum situasi normal berkat diberikannya vaksin Corona, warga masih harus menghadapi situasi yang buruk. Penderita Corona di AS misalnya, masih terus bertambah, demikian pula dengan angka kematian.

"Dalam 4 atau 5 bulan mendatang sebenarnya akan terlihat cukup suram, kecuali kita sungguh-sungguh menggandakan sikap kita," kata Gates di awal Desember.

Maksud Bill Gates adalah orang harus tetap patuh pada protokol kesehatan, bahkan lebih memperketat lagi. Termasuk memakai masker, menjaga jarak, rutin cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Apalagi AS beranjak ke musim dingin. Berkaca pada penelitian bahwa virus Corona kurang mampu bertahan dalam temperatur tinggi di musim panas saat ini, maka suhu makin rendah berpotensi menambah penderita.

"(Pandemi Corona) di musim gugur akan jadi lebih buruk daripada musim panas," kata sang pendiri Microsoft. "Seluruh angka (penderita Corona) meningkat dan selalu ada peluang besar di saat orang berada di dalam ruangan dan suhu makin dingin, bahwa kita akan melihat lebih banyak penularan,"

2. Vaksin Corona Ampuh Menangkal Pandemi

Saat ini, beberapa vaksin Corona sudah disetujui setelah terbukti efektif, yaitu buatan Pfizer, Moderna dan terakhir AstraZeneca yang baru lolos regulasi di Inggris. Vaksin lainnya pun bakal menyusul.

Saat berbicara di event DealBook Online Summit yang diadakan oleh The New York Times beberapa waktu lalu, Bill Gates meyakini vaksin dari perusahaan lain juga akan terbukti ampuh.

"Dengan kabar baik dari Pfizer dan Moderna, kami pikir sekarang kemungkinan AstraZeneca, Novavax dan Johnson & Johnson juga akan menunjukkan keampuhan yang kuat," kata Gates.

Gates mengatakan vaksin virus Corona buatan AstraZeneca, Novavax dan Johnson & Johnson lebih mudah untuk diproduksi lebih banyak dengan biaya yang rendah dan tidak memiliki ketentuan temperatur yang sama seperti dua vaksin lainnya.

Menurut Bill Gates ada kemungkinan persediaan vaksin di seluruh dunia pada tahun 2021 akan terbatas, tapi jika vaksin lainnya juga berhasil akan sangat membantu proses manufaktur dan distribusi, terutama di negara berkembang.