Elon Musk Pamer Foto Starship Terbaru

Elon Musk Pamer Foto Starship Terbaru

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 18:49 WIB
Starship
Foto: Reuters
Jakarta -

SpaceX sudah membangun sejumlah prototipe pesawat angkasa Starship yang nantinya bakal diterbangkan ke Bulan dan Mars. Kini, sang bos Elon Musk memamerkan prototipe terbaru dari Starship, yang bernama SN8.

Starship sendiri dalam waktu dekat akan melakukan uji terbang, di mana pesawat tersebut bakal diterbangkan ke ketinggian 12,5 km. Ini adalah pengujian tertinggi, jauh lebih tinggi dari pengujian-pengujian sebelumnya, yang paling tinggi hanya sekitar 150 meter.

Foto SN8 dipamerkan Musk lewat akun Twitternya, dan pesawat tersebut terlihat sangat besar, dengan perbandingan manusia yang ada di bagian bawah pesawat tersebut, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Selasa (8/12/2020).

"Out on the pad in South Texas," kicau Musk saat menjelaskan foto SN8 yang berada di fasilitas pengembangan milik SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat, tersebut.

Diketahui sebelumnya, Starship adalah wahana angkasa yang bisa digunakan ulang, yang nantinya bakal mengirimkan manusia ke Bulan dan Mars. Musk sendiri tak sepenuhnya yakin kalau uji penerbangan SN8 ini akan sukses.

Ia menyebut banyak hal yang harus berjalan dengan benar agar uji terbang ini bisa sukses. Keyakinan Musk soal kesuksesan pengujian ini hanya 30%, di mana SN8 bisa mendarat tanpa kerusakan.

Meski begitu, kalau pun SN8 gagal, SpaceX sudah menyiapkan prototipe Starship yang selanjutnya, yaitu dengan kode SN9, yang disiapkan untuk pengujian selanjutnya.

Musk pernah mengklaim SpaceX akan mengirimkan penerbangan tanpa awak ke Planet Merah dalam dua tahun ke depan, dilanjutkan dengan penerbangan berawak empat tahun setelahnya. Perkiraan Musk ini dibuat berdasarkan jarak antara Bumi dan Mars yang mendekat tiap 26 bulan sekali.

"Jika kami beruntung, mungkin empat tahun. Kami ingin mengirimkan kendaraan tanpa awak ke sana dalam dua tahun," kata Musk saat menerima penghargaan dari Axel Springer.



Simak Video "Potret Kedekatan Jennie BLACKPINK dan Pacar Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)