16 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Yuk Disimak

16 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Yuk Disimak

Rosmha Widiyani - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 13:45 WIB
Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan mikroskop.
16 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Yuk Disimak (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sel hewan dan tumbuhan memiliki ciri khas yang memungkinkan keduanya bisa beraktivitas. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan menguntungkan keduanya karena memungkinkan terjadinya metabolisme

Keuntungan lain perbedaan sel hewan dan tumbuhan adalah memudahkan keduanya berkembang biak dan melakukan fungsi lain, layaknya makhluk hidup. Semua keuntungan tidak bisa diperoleh bila sel dibuat sama.

Dikutip dari Science World, perbedaan sel hewan dan tumbuhan ternyata sangat banyak. Mulai dari yang terlihat mata hingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau peralatan berteknologi.

16 perbedaan sel hewan dan tumbuhan:

1. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam bentuk

Sel hewan memiliki bentuk yang lebih beragam dibandingkan tumbuhan. Tak heran jika hewan punya banyak variasi bentuk yang dapat dilihat hanya dengan mata.

2. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam ukuran

Secara umum, ukuran sel hewan lebih kecil dibandingkan tumbuhan. Namun untuk jenis tertentu ukuran sel hewan bisa saja lebih besar daripada tumbuhan. Untuk melihat perbedaan ini diperlukan mikroskop.

3. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan terkait dinding sel

Sel hewan tidak punya dinding sel, berbeda dengan tumbuhan yang punya struktur khas di sekeliling sel. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan inilah yang mengakibatkan bentuk tumbuhan cenderung 'kaku.'

4. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan terkait lisosom

Lisosom adalah organel yang berfungsi mengontrol pencernaan dalam sel di berbagai kondisi. Sel hewan punya banyak lisosom, namun organel tersebut jarang ditemukan pada tumbuhan.

5. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan terkait glioksisom

Sebagai organel, glioksisom berfungsi menyediakan energi pada metabolisme lemak dalam biji-bijian. Glioksisom yang hanya ditemukan di tumbuhan ini berperan hingga biji mampu berfotosintesis.

6. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam elastisitas

Pandangan mata tentu bisa menjumpai perbedaan elastisitas hewan dan tumbuhan. Sel hewan lebih elastis dibanding tumbuhan yang tidak bisa bergerak atau pindah tempat dengan sendirinya.

7. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam lokasi inti sel

Untuk perbedaan sel hewan dan tumbuhan ini tentu perlu alat bantu untuk mengetahuinya. Inti sel hewan terletak di tengah, sedangkan pada tumbuhan dapat ditemukan di bagian tepi (peripheral)sitoplasma.

8. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam mitokondria

Organel mitokondria berperan menyediakan energi untuk seluruh sel dalam bentuk ATP. Jika sel hewan hanya punya mitokondria, maka tumbuhan punya mitokondria dan kloroplas/plastida.

9. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan soal ukuran vakuola

Vakuola sebetulnya ditemukan dalam sel hewan dan tumbuhan,yang berfungsi mengolah, menyebarkan, dan menyimpan hasil pencernaan. Vakuola pada hewan cenderung banyak dan kecil, sedang di tumbuhan berukuran besar dan banyak.

Halaman selanjutnya: perbedaan sel pada silia sampai sentriol...