Mars Vs Venus, Dua Planet yang Disebut Berpotensi Ada Kehidupan

Mars Vs Venus, Dua Planet yang Disebut Berpotensi Ada Kehidupan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 06:39 WIB
Venus: Benarkah ada kehidupan di langit planet yang bersuhu sekitar 400 derajat celsius?
Planet Venus. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Mars dan Venus menjadi dua planet yang disebut-sebut memiliki potensi ditemukannya kehidupan. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang terbilang sangat mencolok.

Dikutip dari Universe Today, berikut ini adalah beberapa fakta yang ada terkait Mars vs Venus.

1. Temperatur keduanya

Venus merupakan planet pertama dari sembilan planet dan posisinya paling dekat dengan Matahari. Jadi sangat wajar jika suhu di sana sangat panas yakni rata-rata 461°C. Selain itu, Venus memiliki atmosfer tebal yang menyelimuti planet dan membuat karbon dioksida terperangkap, menyebabkan suhu yang tinggi.

Sementara untuk Mars, Planet Merah ini terbilang jauh dari Matahari karena itu temperatur rata-rata di sana adalah -46°C. Untuk atmosfer, Mars hanya memiliki ketebalan 1% bila dibandingkan dengan yang ada di Bumi.

2. Bukti kehidupan di sana

Mars adalah planet yang paling banyak dipelajari di Tata Surya setelah Bumi. Ada lusinan misi yang dikirim ke Mars. Meski banyak misi telah hilang, ada beberapa yang berhasil mengorbit planet ini dan beberapa telah mendarat di permukaan. Beberapa temuan di Mars menunjukkan adanya sumber air yang di mana menjadi asal mula kehidupan.

Tapi beragam misi juga telah dikirim ke Venus, dan bahkan Rusia sudah sejak lama meneliti planet ini. Yang menghebohkan, baru-baru ini ditemukan gas fosfin di atmosfer Venus yang bisa jadi tanda kehidupan. Rusia bahkan sudah mengklaim bahwa Venus adalah 'Planet Rusia' karena hal ini.

Uni Soviet memang merupakan satu-satunya negara yang berhasil mendarat di permukaan Venus. Pada tahun 1970, wahana antariksa Venera 7 berhasil melakukan soft landing di Venus dan mengirimkan data ke Bumi selama 23 menit sebelum akhirnya meleleh karena kondisi Venus yang sangat panas.

3. Berat, orbit, dan jarak

Sudah jadi pelajaran umum bahwa Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos, sedangkan Venus tidak memiliki bulan. Selain itu tidak satu pun dari planet tersebut memiliki cincin.

Venus mengorbit pada jarak rata-rata hanya 108 juta km dari Matahari, sedangkan Mars rata-rata 228 juta km. Venus mendekati Bumi sedekat 38 juta km, dan Mars sedekat 55,7 juta km.

Dari segi ukuran, Venus hampir merupakan planet kembar Bumi. Diameternya 12.104 km, yang merupakan 95% diameter Bumi. Mars jauh lebih kecil, dengan diameter hanya 6.792 km. Dalam hal massa, Venus lagi-lagi hampir mirip Bumi di mana ia memiliki 81% massa Bumi, sedangkan Mars hanya memiliki 10%.



Simak Video "Ada Tanda-tanda Kehidupan, Planet Venus Langsung Jadi Prioritas NASA"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)