4 Kekuatan Ala Mutan X-Men di Dunia Nyata!

4 Kekuatan Ala Mutan X-Men di Dunia Nyata!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 23 Sep 2020 16:18 WIB
Business woman with drawn powerful hands
Ilustrasi manusia super di dunia. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Selama ini jika mendengar kata 'manusia super' yang terbayang adalah kumpulan mutan di film X-Men. Ternyata, ada beberapa manusia di dunia nyata yang memiliki kapabilitas yang luar biasa dibandingkan dengan manusia biasa.

Seperti apa kelebihan atau anugerah yang Tuhan berikan kepada mereka? Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di bawah ini sebagaimana telah dirangkum detikINET dari PC Mag, Rabu (23/9/2020).

1. Hyper Photographic Memory

Siapa yang bisa mengingat kenangan puluhan tahun lalu dengan detail sampai ke hal-hal terkecilnya? Mungkin sulit bagi kita ya, detikers, tetapi tidak untuk Marilu Henner yang bisa mengingat dengan cermat setiap peristiwa. Kemampuan yang ia miliki dikenal sebagai hyperthymesia. Marilu adalah satu dari 25 orang yang sudah terkonfirmasi mengalami hyperthymesia. Tinggal sebut tanggalnya, dia akan menceritakan sedetil-detilnya bagaikan baru terjadi.

"Ketika seseorang memberiku tanggal atau tahun, atau lainnya, aku melihat montase film kecil, dan aku menggulirnya kemudian menyaksikan apa yang ditampilkan," katanya.

Beberapa ilmuwan berpendapat fenomena ini bisa terjadi dari hasil perilaku obsesif kompulsif yang kerap membuat pengidapnya terus mengingat-ingat apa yang terjadi secara berulang. Ada juga hubungan fisiologis di mana lobus temporal dan nukleus kaudatus otak ditemukan membesar pada pengidap hyperthymesia.

2. Nggak perlu tidur lama-lama

Rekomendasi waktu istirahat adalah delapan jam tidur pada malam hari, namun tidak semua orang harus melakukannya dengan angka yang sama. Ada beberapa orang dengan bawaan genetik yang bisa mendapatkan tidur berkualitas hanya kurang dari enam jam.

Mereka adalah yang membawa gen hDEC2 yang memengaruhi ritme sirkadian atau jam tidur. Ini setidaknya dimiliki oleh 5% populasi dunia. Kamu salah satunya?

3. Tulang yang tidak bisa patah

Para peneliti telah mengidentifikasi mutasi genetik pada gen LRP5 yang mengatur kepadatan mineral tulang, yang dapat menyebabkan tulang rapuh dan lemah. Sejauh ini, ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa mutasi pada gen LRP5 yang terkait dengan kondisi tulang, termasuk osteoporosis primer remaja dan sindrom osteoporosis-pseudoglioma.

Tetapi jenis mutasi yang berbeda pada gen yang sama juga bisa memiliki efek sebaliknya yakni memberi beberapa orang tulang yang sangat padat dan tidak bisa dipatahkan. Kebayang kalau adu jotos, kuatnya sudah seperti robot kali ya.

4. Kebal HIV

Saat epidemi AIDS melanda sepanjang 1980-an dan awal 90-an, seorang pria tidak pernah sakit sekalipun teman dan orang-orang di sekitarnya terinfeksi penyakit tersebut.

Stephen Crohn ditemukan memiliki 'mutasi delta 32', yang melindungi sel darah putih CD4 dari HIV. Karena perubahan genetik kecil ini, Crohn benar-benar kebal terhadap HIV.

Diketahui setiap wabah penyakit, beberapa individu dalam suatu populasi selalu ditemukan kebal karena satu dan lain alasan. Kekebalan ini seringkali dapat membantu para ilmuwan mendeskripsikan penyakit dan merancang pengobatan.



Simak Video "Punya 15 Ribu Koleksi X-Men, Pria Ini Pecahkan Rekor Dunia!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)