Dentuman Misterius Bisa dari Aktivitas Gunung Berapi

Dentuman Misterius Bisa dari Aktivitas Gunung Berapi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 12:40 WIB
Dentuman Misterius Bisa Dari Gunung Api
Foto: (Screenshoot/Magma Indonesia)
Jakarta -

Ada banyak kemungkinan penyebab dentuman misterius. Salah satunya aktivitas gunung berapi di dalam Bumi.

Menurut Kordinator Gunung Api, Pusat Penelitian dan Mitigasi Bencana ITB, Mirzam Abdurrachman, gunung api bisa menjadi sumber suara dentuman misterius di antara aneka kemungkinan lainnya. Mirzam mengatakan gunung api bisa menghasilkan suara di permukaan seperti saat erupsi, jika skala energi letusan (Vulcanic Explosivity Index/VEI) di atas 3.

Yang orang masih jarang tahu adalah, rupanya gunung api bisa juga mengeluarkan suara dari dalam Bumi dan ini yang lebih sulit dipantau manusia. Hanya terdengar suaranya saja, tanpa ketahuan sumbernya.

"Ketika dapur magma kosong, itu bisa kolaps dan menimbulkan suara dentuman dari bawah permukaan Bumi," kata Mirzam dalam wawancara kepada detikINET, Senin (21/9/2020).

Suara di bawah permukaan Bumi ini yang sering bikin orang bingung karena terdengar, tapi tidak sumbernya misterius. Mirzam memberikan 3 contoh aktivitas gunung api yang menimbulkan dentuman misterius.

Ada Gunung Miyakejima, Jepang (2000), Gunung Piton de la Fournaise, Reunion Island (2007) dan Gunung Mayotte, Kepulauan Mayotte (2018). Tiga gunung ini mengeluarkan dentuman misterius sebelum akhirnya meletus.

"Gunung ini menimbulkan suara (dentuman), tapi juga rekaman seismik yang aneh. Rupanya terkait pengosongan dapur magma di bawah gunungnya," kata pakar vulkanologi ITB ini.

Setengah bulan setelah dentuman, Gunung Miyakejima meletus. Sedangkan Piton de la Fournaise meletus 6 bulan setelah dentuman misterius. Dentuman misterius di Indonesia waktu bulan April 2020 silam, diduga juga terkait aktivitas gunung api.

"Waktu dentuman misterius bulan April 2020, lagi ada aktivitas di Gunung Anak Krakatau," kata dia.

Namun untuk dentuman misterius tadi malam, Mirzam memantau aneka gunung api di Indonesia relatif lagi santai. Jadi menurut dia, mungkin ada penyebab lain untuk dentuman misterius kali ini.

"Kalau lihat kondisi sekarang, menurut saya bukan dari gunung berapi," jelasnya.

Mirzam mengingatkan riset para ilmuwan pun mengungkapkan ada sejumlah kemungkinan lain penyebab dentuman misterius. Mungkin ada jawaban yang lebih pas dari disiplin ilmu yang lain.



Simak Video "Sebelum Jakarta, Ini Deretan Dentuman Misterius di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)