Bikin Takjub, Jupiter Berwarna Pastel

Bikin Takjub, Jupiter Berwarna Pastel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 11:46 WIB
Jika Bumi sedang dilanda kekhawatiran akan wabah virus corona, lain halnya dengan planet Jupiter yang baru-baru ini terpantau sangat menawan dan indah.
Planet Jupiter. Foto: Dok. Boredpanda
Jakarta -

Warna Planet Jupiter terlihat tidak biasa, seperti yang hasil jepretan teleskop luar angkasa Hubble. Planet terbesar di sistem Tata Surya itu berwarna pastel.

Biasanya Jupiter ini bila dilihat dari luar angkasa, mempunyai warna cream, cokelat, maupun oranye dengan membentuk garis lurus. Sedangkan, warna pastel di Jupiter ini belum terungkap sebelumnya.

Foto terbaru Jupiter berhasil diabadikan Hubble pada 25 Agustus lalu. Rupanya warna pastel itu hasil dari penggabungan data ultraviolet dengan data inframerah, seperti dilansir dari Space, Senin (21/9/2020).

Melalui jepretan foto itu, para astronomi ingin melihat lebih dalam bagaimana atmosfer yang terjadi di Jupiter. Caranya dengan menggunakan sinar ultraviolet dan inframerah.

"Dalam foto ini, bagian atmosfer Jupiter yang berada di ketinggian, terutama di atas kutub, terlihat merah akibat partikel atmosfer menyerap sinar ultraviolet," kata anggota tim Hubble.

"Sebaliknya, area berwarna biru mewakili sinar ultraviolet yang dipantulkan dari planet ini," ungkapnya menambahkan.

Planet Jupiter terlihat tidak biasa warnanya, seperti yang hasil jepretan teleskop luar angkasa Hubble. Planet terbesar di sisten Tata Surya itu berwarna pastel.Planet Jupiter terlihat tidak biasa warnanya, seperti yang hasil jepretan teleskop luar angkasa Hubble. Planet terbesar di sisten Tata Surya itu berwarna pastel. Foto: Hubble

Dari gambar yang sama ini, ada penampakan terjadinya badai yang melanda Jupiter, itu ditandai warna putih. Dari penemuan fakta terbaru, ilmuwan mendapatkan wawasan baru akan Jupiter.

Hubble merupakan proyek bersama antara Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Antariksa Eropa (ESA) yang diluncurkan menggunakan pesawat ulang-alik Discovery pada April 1990.

Selama itu pula, Hubble yang sudah berusia 30 tahun tersebut telah mengabadikan keindahan sekaligus misteri yang terkandung di luar angkasa, salah satunya foto Jupiter berwarna pastel ini. Diperkirakan teleskop Hubble masih beroperasi hingga tahun 2020-an. Dalam waktu dekat, Hubble akan ditemani teleskop James Webb yang saat ini masih dalam pengembangan.



Simak Video "Cerita Astronaut NASA yang Bersiap Nyoblos Pilpres AS di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)