Ngeri! Kebakaran Hutan California Bisa Dilihat dari Antariksa

Ngeri! Kebakaran Hutan California Bisa Dilihat dari Antariksa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 14 Sep 2020 17:25 WIB
Kebakaran hutan di California ternyata lebih mengerikan. Sebab, asap akibat dari kebakaran ini yang mengepul ke udara, bisa dilihat dari jarak 1,5 juta km di luar angkasa.
Foto: NASA Earth Observatory
Jakarta -

Kebakaran hutan yang terjadi di California, AS, rupanya lebih dahsyat lagi dampaknya bila dilihat dari luar angkasa. Asap dari kebakaran tersebut ternyata bisa terlihat dari jarak 930 ribu mil atau 1,5 juta kilometer.

Asap yang mengepul ke udara akibat kebakaran hutan di pantai barat AS itu terlihat jelas oleh Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC) yang terdapat di wahana antariksaDeep Space Climate Observatory (DSCOVR) milik NASA yang bekerjasama dengan NOAA. DSCOVR ini diketahui berada di jarak hampir 1,5 juta kilometer dari Bumi.

Sebagaimana dilansir dari Space, Senin (14/9/2020) asap kebakaran yang berwarna putih kecokelatan itu menyelimuti langit California hingga di atas Samudera Pasifik.

Kebakaran hutan di California ternyata lebih mengerikan. Sebab, asap akibat dari kebakaran ini yang mengepul ke udara, bisa dilihat dari jarak 1,5 juta km di luar angkasa.Asap oranye akibat dari kebakaran ini yang mengepul ke udara, bisa dilihat dari jarak 1,5 juta km di luar angkasa. Foto: NASA Earth Observatory

Penampakan asap ini membantu menyampaikan skala dan keganasan dari kebakaran hutan yang terjadi di wilayah negeri Paman Sam itu. Api telah membakar sebagian California, Oregon dan Washington dalam tiga minggu dan masih belum dapat dikendalikan sejauh ini. Sedikitnya 25 orang dilaporkan meninggal dunia dan ribuan rumah menjadi abu sejak Minggu (13/9).

Para ahli menyebutkan keganasan kebakaran hutan ini didorong oleh suhu tinggi dan kondisi kering yang terjadi di seluruh bagian pantai barat. Wilayah ini semakin panas dan kering hasil dari perubahan iklim yang disebabkan oleh ulah manusia.

Hal yang mengerikan dari kebakaran hutan ini, beberapa waktu lalu, langit di California berubah menjadi oranye, padahal waktu baru menunjukkan masih di pagi hari. Suasana tersebut tak ubahnya seperti di Planet Mars.

Minggu silam, api berkobar hebat di hutan Sierra National Forest, California. Pemadam kebakaran menyebut belum pernah sebelumnya api menyebar begitu cepat, sampai melahap 24 kilometer area per hari.

Berikutnya, api juga membabat Plumas National Forest di utara San Francisco, menghabiskan area sekitar 1.000 kilometer persegi. Di antara kedua peristiwa itu, api membakar wilayah Monterey County yang skalanya meningkat dua kali lipat dalam semalam. Belum di area lainnya.



Simak Video "Aksi Boneka Baby Yoda Jadi Pemadam Kebakaran Hutan Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)