5 Roket Siap Meluncur ke Antariksa, Misi Apa Saja?

5 Roket Siap Meluncur ke Antariksa, Misi Apa Saja?

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 27 Agu 2020 18:32 WIB
A SpaceX Falcon 9 lifts off from Cape Canaveral Air Force Station, Fla., Monday, July 20, 2020. The rocket is carrying ANASIS II, a national security satellite for South Korea. (Craig Bailey/Florida Today via AP)
Minggu Ini Ada 5 Roket Meluncur ke Antariksa. Foto: Ilustrasi peluncuran roket/Craig Bailey/Florida Today via AP
Jakarta -

Para penggemar antariksa punya banyak hiburan pekan ini. Ada lima misi peluncuran roket yang dijadwalkan meluncur pada 27-30 Agustus waktu setempat.

Peluncuran akan dimulai Kamis (27/8) pukul 2:12 pagi waktu Florida, AS, yakni ketika roket United Launch Alliance Delta IV Heavy melayang di atas satelit mata-mata NROL-44 milik U.S. National Reconnaissance Office dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida.

Kemudian, seperti dikutip dari Space.com, pada pukul 7:19 sore pada Jumat (28/8), roket Falcon 9 milik SpaceX meluncur dari Cape Canaveral, memboyong satelit SAOCOM 1B untuk badan antariksa nasional Argentina.

Beberapa jam berikutnya, di belahan Bumi lain, roket Electron milik Rocket Lab kembali menjalankan misi mengarungi luar angkasa. Misi ini adalah yang pertama kali dilakukan lagi oleh Electron setelah sempat mengalami anomali pada 4 Juli lalu.

Jika semua berjalan lancar, Electron akan meluncur dari kompleks peluncuran Rocket Lab di Selandia Baru pada pukul 11:05 malam, Jumat (28/8) waktu setempat, membawa satelit pengamatan Sequoia Earth untuk mengorbit untuk sebuah perusahaan asal San Francisco bernama Capella Space.

Lalu SpaceX akan kembali beraksi pada Minggu (30/8), meluncurkan 60 satelit internet Starlink di atas Falcon 9. Lepas landas roket dijadwalkan berlangsung pukul 10:08 pagi dari Kennedy Space Center NASA yang bersebelahan dengan Cape Canaveral Air Force Station.

Startup asal California Astra akan menutup 'parade' peluncuran roket pekan ini pada Minggu (30/8) sore. Astra berencana meluncurkan misi menuju orbit pertamanya pada pukul 4:00 sore waktu setempat, mengirimkan Rocket 3.1 dari Pacific Spaceport Complex di Kodiak Island Alaska.

Buat yang tertarik menyaksikan parade peluncuran roket-roket ini, kalian bisa menontonnya secara live streaming, salah satunya di situs Space.com



Simak Video "Melihat Roket NASA Berlogo 'Cacing' yang Bakal Terbang ke Bulan "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)