Menguak Misteri Scientology dan Gerejanya, Ada Apa Didalamnya?

Menguak Misteri Scientology dan Gerejanya, Ada Apa Didalamnya?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 22 Agu 2020 17:15 WIB
Scientology, mendengar namanya saja sudah cukup menarik. Apalagi, Scientology banyak dianut oleh seleb Hollywood seperti Tom Cruise, Elisabeth Moss, dan John Travolta. Lantas, apa itu Scientology?
Gereja scientology. Foto: via New York Post
Jakarta -

Scientology, mendengar namanya saja sudah cukup menarik. Apalagi, Scientology banyak dianut oleh seleb Hollywood seperti Tom Cruise, Elisabeth Moss, dan John Travolta. Lantas, apa itu Scientology?

"Scientology adalah agama dalam arti tertingginya, karena membantu membawa manusia menuju kebebasan dan kebenaran total," tulis situs resmi scientology.

Prinsip esensial dari Scientology yakni Anda adalah makhluk spiritual yang abadi, pengalaman Anda melampaui seumur hidup, dan kemampuan Anda tidak terbatas, bahkan jika tidak disadari saat ini.

"Lebih jauh lagi, Manusia pada dasarnya baik. Dia berusaha untuk bertahan hidup. Dan kelangsungan hidupnya tergantung pada dirinya sendiri dan teman-temannya serta pencapaian persaudaraan dengan alam semesta," masih kata situs scientology.

Scientology lahir pada tahun 1952, oleh L. Ron Hubbard yang mengajarkan filosofi pertolongan diri sendiri. Ajaran ini mengklaim menawarkan suatu metodologi yang eksak (pasti) untuk menolong manusia mencapai kesadaran keberadaan rohaninya melintasi beberapa masa hidupnya dan, pada saat yang bersamaan, untuk menjadi lebih efektif di dunia fisik.

Meski banyak kontroversi dari ajaran scientology sendiri dan gerejanya, banyak juga yang penasaran dengan isi dari gereja scientology.

Melihat video dari Scientology, gereja scientology lebih mirip dengan ruangan modern yang diisi dengan berbagai macam teknologi kekinian untuk belajar soal ajarannya. Ada juga banyak buku yang membuat tempat ini seperti perpustakaan megah. Jika membutuhkan guide, pengunjung bisa menghampiri petugas untuk meminta tour.

Ada juga sesi konseling untuk mencari masalah dalam kehidupan yang belum diselesaikan.

"Kamu datang ke sini bukan untuk mendapatkan jawab 'oh ini yang salah darimu', tapi kamu sendiri yang memutuskan apa yang sebenarnya salah," ucap salah satu pengunjung.

Gereja scientology dapat ditemui di Washington D.C, New York, Johannesburg, Berlin, Madrid, Milan, London, Moscow, Tel Aviv, Tokyo, Melbourne, Sydney, dan beberapa tempat lainnya di seluruh dunia. Siapa saja bebas untuk berkunjung. Btw, detikers, ada yang sudah pernah masuk ke gereja scientology?



Simak Video "Asteroid Raksasa Lintasi Bumi, Astronom: Terlihat Seperti Bermasker!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/asj)