Ilmuwan: Alien Pintar Segera Ditemukan, Manusia Terguncang

Ilmuwan: Alien Pintar Segera Ditemukan, Manusia Terguncang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 15 Agu 2020 06:15 WIB
alien
Ilustrasi alien. Foto: Istimewa
Jakarta -

Sejauh ini, belum ada bukti sahih eksistensi alien. Namun ilmuwan ini meyakini, alien dengan intelijensi tinggi atau pintar, akan segera ditemukan dalam masa hidup kita saat ini.

Keyakinan itu dikemukakan oleh Dr Garik Israelan, pakar astrofisika terkemuka dan pendiri Starmus Festival, event rutin yang dihadiri para ilmuwan antariksa. Ia menyebut alien pintar akan dijumpai dalam beberapa dekade ini dan akan mengguncang umat manusia.

"Setidaknya, kita akan menemukan bukti kehidupan yang jelas yang datang dari kehidupan pintar. Ini adalah jenis penemuan yang akan mengguncang umat manusia," kata dia, seperti dikutip detikINET dari Mirror.

"Hal itu akan cukup menarik bagi sains, tapi saya pikir akan membuat kita menyadari bahwa kehidupan merupakan sesuatu yang luar biasa, jadi kita sebaiknya memperhatikan apa yang kita lakukan pada planet kita," imbuh dia.

Keyakinan itu tak lepas dari upaya intensif lembaga antariksa NASA atau ESA dalam mencari tanda-tanda kehidupan alien di luar sana. NASA baru saja meluncurkan wahana Perseverance ke planet Mars untuk mencari bukti pernah ada atau malah masih kehidupan di sana.

"Perseverance punya 10% peluang untuk menemukan mikroba di planet Mars. Ini memang murni spekulasi. Tapi itu sungguh adalah angka peluang yang bagus," kata Garik.

Selain misi ke Mars, NASA juga aktif mencari tanda-tanda kehidupan dengan teleskop ataupun cara lainnya. Teleskop super canggih James Webb akan mulai dioperasikan dan diharapkan dapat menemukan tanda lebih jelas jika ada kehidupan di exoplanet.

Tujuan NASA adalah memetakan banyak planet di galaksi Bima Sakti yang mungkin ada penghuninya. "Tujuan utama program exoplanet NASA adalah untuk menemukan tanda sebenarnya ada kehidupan (alien)," sebut NASA.

"Seberapa cepat hal itu terjadi tergantung pada dua hal yang tidak diketahui, yaitu apakah kehidupan lazim di galaksi ini dan seberapa beruntung kita," tambah NASA.



Simak Video "Siapa Tahu Butuh! Ini Lokasi Tempat Berburu Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)