Foto Menakjubkan Matahari Terbit dari 'Bawah' Bumi

Foto Menakjubkan Matahari Terbit dari 'Bawah' Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 08 Agu 2020 05:45 WIB
Matahari terbit
Penampakan Matahari terbit dari ISS. Foto: Bob Behnken
Jakarta -

Penampakan Matahari terbit dari luar angkasa tentu berbeda dengan apa yang kita lihat di Bumi. Baru-baru ini, astronaut NASA Bob Behnken, mengabadikan pemandangan munculnya Sang Surya yang cukup bikin takjub.

Bob yang saat ini sudah kembali ke Bumi, saat itu berada di stasiun antariksa International Space Station. Dari ketinggian sekitar 402 kilometer, ISS mengelilingi Bumi secara konstan dan mengalami siang dan malam, termasuk terbitnya Matahari.

Dalam foto yang dibagikan oleh Bob di Twitter, sang astronaut membagikan penampakan Matahari terbit dalam empat adegan terpisah. Terlihat sisi Bumi yang gelap perlahan-lahan menampakkan titik yang semakin terang, pertanda kemunculan Matahari.

"Momen pertama Matahari terbit dari International Space Station," tulis Bob. Postingannya itu meraih banyak perhatian dari netizen, dengan 500-an komentar serta Like mencapai lebih dari 63 ribu.

Tentu foto ini mengundang rasa penasaran, misalnya kenapa Matahari seolah terbit dari bawah planet ini. "Kenapa Matahari berada di bawah horison, tidak di atasnya? Membingungkan," tanya seorang netizen.

Seorang netizen menjawab pemandangan Matahari terbit dari antariksa berbeda dan juga tergantung dari posisi ISS yang sedang melayang di atas sana. Jika posisi ISS berbeda, tentu foto yang dijepret akan menyajikan pemandangan yang berbeda pula.

Ada juga yang menjelaskan bahwa lengkungan di atas Bumi itu adalah termasuk lapisan atmosfer sehingga sinar Matahari terlihat agak tertahan. Lengkungan tersebut juga menjadi batasan antara siang dan malam yang terjadi di Bumi.

ISS sendiri bergerak amat cepat dan menyelesaikan orbit Bumi hanya dalam waktu 90 menit. Artinya setiap hari, astronaut yang berada di sana dapat menyaksikan sampai 16 kali Matahari terbit dan juga 16 kali Matahari terbenam.



Simak Video "Tersandung hingga Terjatuh, Tingkah Astronaut saat Mendarat di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)