Ini Dia Penemu Amonium Nitrat yang Jadi Ledakan di Lebanon

Ini Dia Penemu Amonium Nitrat yang Jadi Ledakan di Lebanon

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 06 Agu 2020 13:29 WIB
Penemu Amonium Nitrat Johann Rudolf Glauber
Ini Dia Penemu Amonium Nitrat, Johann Rudolf Glauber (Foto: ChemistyViews)
Jakarta -

Ledakan di Lebanon menyisakan duka dan rasa penasaran dunia soal amonium nitrat. Zat kimia ini bukan alami, tapi diciptakan.

Amonium nitrat adalah benda padat berbentuk seperti kristal. Manfaat utamanya untuk pupuk tapi juga bisa jadi bahan peledak. Tapi ini adalah zat sintesis dari hasil mencampur amonia dan asam nitrat, bukan bahan alami.

"Anda tidak akan begitu sama menemukan amonium nitrat di dalam tanah," kata Profesor Kimia, Andrea Sella dari University College London, Inggris kepada BBC.

Lantas siapa yang pertama kali menciptakan amonium nitrat? Dalam penelurusan detikINET, Kamis (6/8/2020) Encyclopaedia Britannica mencatat penemu amonium nitrat adalah ilmuwan kimia dari Karlstadt, Jerman bernama Johann Rudolf Glauber (1604-1668). Dia disebut sebagai ilmuwan kimia Jerman paling jenius pada masanya dan mencapai puncak karir di Amsterdam, Belanda.

Dia terkenal karena melakukan beberapa sintesa kimia. Temuannya antara lain adalah asam nitrat dengan mencampur potasium nitrat dan asam sulfat. Dia juga membuat asam hidroklorida dengan mencampur garam dan asam sulfur.

Penemuannya yang paling terkenal adalah sodium sulfat, dari campuran sodium klorida dan asam sulfat. Temuannya disebut sebagai Garam Glauber atau Sal Mirabilis alias Garam Ajaib yang bisa dipakai untuk bahan obat.

Dari Encyclopedia.com, Glauber pada tahun 1659 berhasil menciptakan ammonium nitrat dengan mencampur gas amonia dengan cairan asam nitrat. Rumus persamaan kimianya adalah NH3 + HNO3 → NH4NO3.

Wujud akhirnya adalah kristal, tapi mudah larut dengan air. Glauber menamakannya 'Nitrum Flammans' nama latin yang artinya 'nitrum yang mudah terbakar'. Hal ini karena amonium nitrat bisa meledak kalau kena panas.

Nama lainnya lagi adalah garam amonium atau German saltpeter. Amonium nitrat hancur pada titik didih 211 derajat Celcius. Untuk meledak, biasanya amonium nitrat tercampur dulu dengan bahan lain misalnya minyak. Ledakan di Lebanon pun diduga ada faktor pemicunya terhadap tumpukan 2.750 ton amonium nitrat yang ada.



Simak Video "Amonium Nitrat Diduga Jadi Penyebab Ledakan di Lebanon, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)