10 Fakta Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi

10 Fakta Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 28 Jul 2020 06:34 WIB
Paus Biru, makhluk hidup terbesar bumi
10 Fakta Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi (Foto: CNN)
Jakarta -

Ada banyak hewan mengagumkan di Bumi, salah satunya paus biru. Mamalia laut ini punya banyak cerita unik.

Masih banyak hewan lautan yang tidak terlalu kita kenal, cuma sepintas saja. Padahal kalau dipelajari lebih lanjut, dijamin kamu akan makin menyayanginya. Tak kenal maka tak sayang.

Nah, paus biru juga hewan unik dan masih banyak yang belum mengetahuinya. Dihimpun dari National Geographic, Selasa (27/7/2020) inilah 10 fakta unik dan ilmiah soal paus biru:

1. Hewan terbesar di Bumi

Paus biru punya nama latin Balaenoptera musculus. Ia bukan ikan, melainkan mamalia laut terbesar, sekaligus hewan terbesar di dunia.

Ia bisa tumbuh sampai 30 meter dengan berat 130 ton. Artinya lebih panjang dari 3 bus dan lebih berat dari 3 gerbong kereta.

2. Semuanya serba besar

Sebagai hewan terbesar di Bumi, semua hal tentang paus biru adalah besar-besar. Lidahnya saja seberat gajah, jantungnya sebesar mobil, pembuluh darahnya muat dilewati manusia.

3. Dijuluki 'perut belerang'

Paus biru warna kulitnya adalah biru agak abu-abu. Kepalanya besar, siripnya besar dan perutnya berwarna kekuningan. Itu sebabnya dia dijuluki 'sulphur bottom' atau perut berwarna belerang.

4. Tersebar di Planet Bumi

Paus biru berenang kemana saja di Planet Bumi kecuali Arctic. Dia berenang sendirian atau berkelompok dua sampai empat ekor. Di habitat yang penuh makanan, bisa 60 ekor berenang bersama.

5. Makanannya cuma udang

Hewan ini besar, tapi makanannya imut-imut. Paus biru makannya adalah udang geragau alias krill (Meganyctiphanes sp). Setiap hari paus biru bisa makan 40 juta ekor udang kecil ini. Wow!

6. Tidak punya gigi

Paus biru tidak punya gigi, melainkan baleen. Baleen adalah semacam serabut yang berfungsi untuk menyaring makanan. Paus biru saat makan akan memasukan volume air sebanyak-banyaknya, makanan nanti akan tersangkut pada serabut baleen ini sebelum ditelan.

7. Bisa berkomunikasi sesamanya

Paus biru bis berkomunikasi dengan membuat suara keras di dalam laut. Bahkan suara paus biru paling keras dari semua hewan di dunia. Suaranya bisa didengar ratusan km di dasar laut.

8. Bermigrasi sesuai musim

Paus biru punya jadwal migrasi sesuai musim. Mereka berenang ke laut yang hangat dan tropis untuk kawin dan beranak. Kemudian mereka berenang ke kutub yang dingin di musim mencari makan.

9. Bayi paus biru

Bayi paus biru begitu lahir ukurannya sudah 8 meter dengan berat 4 ton. Selama 7-8 bulan, dia akan minum susu dari induknya yang penuh lemak dan protein. Berat badannya bertambah 90 kg setiap hari.

10. Hewan super langka

Di abad ke-19 dan awal abad ke-20, paus biru diburu besar-besaran. Akibatnya jumlahnya menyusut tajam sampai 70-90 persen. Perburuan paus biru dilarang sejak 1966.

Diperkirakan tinggal 10 ribu -25 ribu paus biru tersisa di alam liar dan masuk ke dalam kategori hewan langka dan terancam punah. Yuk sekarang kita ikut peduli dengan kelestariannya ya, detikers!



Simak Video "Satwa Unik Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)