Aneh Tapi Nyata, Ada Kura-kura Kuning di India

Aneh Tapi Nyata, Ada Kura-kura Kuning di India

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 26 Jul 2020 16:05 WIB
kura-kura kuning
Aneh Tapi Nyata, Ada Kura-kura Kuning di India. Foto: CNN
Jakarta -

Seorang petani di India timur menemukan hewan langka, kura-kura berwarna kuning. Jika melihat warnanya yang tidak biasa, tentu mengundang pertanyaan, kura-kura jenis apa ini? Atau, apa yang terjadi pada si kura-kura yang menyebabkan warnanya kuning?

Basudev Mahapatra, si petani itu, melihat kura-kura kuning tersebut saat bekerja di ladangnya di desa Sujanpur, di distrik Balasore Odisha. Dia memutuskan untuk membawanya pulang.

Namun seperti dikutip dari CNN, Mahapatra membawanya pulang bukan bermaksud untuk dipelihara, melainkan menyerahkannya ke badan konservasi setempat.

Executive Director Association for Biodiversity Conservation yang menerima hewan langka tersebut dari tangan Mahapatra menyebutkan, ini pertama kalinya mereka melihat kura-kura berwarna kuning terang.

Pati dan timnya menduga, warna kulit kura-kura ini kemungkinan besar merupakan efek dari albinisme atau albino. "Ini adalah kelainan bawaan dan ditandai dengan tidak adanya sebagian atau sepenuhnya pigmen tirosin," katanya.

kura-kura kuningFoto: CNN

"Kadang-kadang juga terjadi mutasi dalam urutan gen atau ada kekurangan tirosin," sambungnya.

Kura-kura kuning itu termasuk jenis kura-kura flapshell India dan berusia sekitar satu setengah hingga 2 tahun. Kura-kura tersebut umumnya ditemukan di Pakistan, Sri Lanka, India, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar.

Para ahli juga menyebutkan, kura-kura flapshell termasuk dalam omnivora, yaitu pemakan segala mulai dari katak katak, siput, hingga beberapa vegetasi air. Saat ini kura-kura kuning tersebut sudah dilepaskan ke alam liar di Balasore.



Simak Video "Tapir Nyasar ke Permukiman di Asahan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)