Penampakan Komet Neowise Dirusak Satelit SpaceX

Penampakan Komet Neowise Dirusak Satelit SpaceX

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 19:07 WIB
Comet Neowise soars across the night sky in the desert near Phoenix, Arizona.
Penampakan Komet Neowise Dirusak Satelit SpaceX Foto: Getty Images/iStockphoto/mdesigner125
Jakarta -

Komet Neowise saat ini masih bisa dinikmati dengan jelas dari Bumi. Tapi sayangnya beberapa orang tidak bisa menikmati fenomena langka ini karena konstelasi satelit Starlink buatan SpaceX.

Seperti yang dialami astrofotografer Daniel López saat mengambil foto Komet Neowise di Teide National Park di Kepulauan Canary. Dari foto yang diambilnya, terlihat banyak garis putih yang melintas di depannya.

Foto ini kemudian diunggah astronom Julien Girard di akun Twitter miliknya. Rupanya 17 dari 20 foto long exposure yang diambil López dirusak oleh satelit Starlink, dan foto yang diunggah ini merupakan hasil komposit.

Dikutip detikINET dari Earther, Sabtu (25/7/2020) saat ini ada 540 satelit Starlink yang sudah mengangkasa. SpaceX sudah berencana untuk meluncurkan total 30.000 satelit di masa depan.

Satelit ini bertujuan untuk menyediakan internet yang kencang dan bisa diakses di seluruh dunia. Sayangnya, kehadiran satelit ini dianggap astronom merusak pemandangan langit malam karena terlihat sangat terang dari Bumi.

"Astronom, ahli astrofisika dan astrofotografer khawatir dengan penyebaran satelit kecil yang mengorbit Bumi," kata López dalam emailnya kepada Earther.

"Sekarang mereka ingin meluncurkan 40.000 satelit, dan perusahaan lain akan ingin meluncurkan satelit mereka ke orbit, dan langit tidak akan terlihat sama lagi. Ribuan titik akan muncul dan menghilang di langit malam," sambungnya.

"Saya pribadi berpikir bahwa jika tidak ada tindakan, ini akan menjadi akhir astronomi dari permukaan Bumi," imbuh López.

Terangnya satelit Starlink diakibatkan jaraknya yang jauh lebih dekat dibanding satelit lainnya. Starlink berada di ketinggian 550 km, jauh lebih rendah dibanding satelit lainnya yang berada di ketinggian 20.000 km.

Untungnya SpaceX telah mengembangkan beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah ini. Perusahaan besutan Elon Musk ini mencoba untuk mengecat bagian bawah satelit dengan cat anti-reflektif.

SpaceX juga mencoba metode baru, yaitu dengan meluncurkan satelit dengan 'kacamata hitam'. Mereka berencana untuk meluncurkan satelit dengan pelindung yang disebut 'VisorSat' untuk memblokir sinar matahari agar tidak dipantulkan oleh bagian reflektifnya.



Simak Video "Sekali Seumur Hidup! Hari Ini Puncak Komet Neowise Lintasi Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)