Ini Nyata! Begini Permukaan Mars Dalam Resolusi 4K

Ini Nyata! Begini Permukaan Mars Dalam Resolusi 4K

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 25 Jul 2020 06:19 WIB
foto terbaik mars
Ini Nyata! Begini Pemandangan Permukaan Mars Dalam Resolusi 4K. Foto: NASA
Jakarta -

Uni Emirat Arab dan China baru saja meluncurkan misi antariksanya untuk melakukan penelitian terhadap planet Mars. Sebelum mengungkap informasi terbaru tentang planet tetangga Bumi itu, sudah terungkap bagaimana pemandangan di Mars.

Sebagian wilayah Planet Merah ini sebenarnya telah dipotret oleh robot penjelajah milik NASA yang lalu lalang di sana. Kini data visual tersebut di-remaster dan ditingkatkan resolusinya dengan definisi tinggi agar bisa menyaksikan pemandangan Mars dengan jernih.

Adalah akun YouTube ElderFox Documentaries yang baru-baru ini memposting video pemandangan permukaan Mars dalam resolusi 4K. Dengan durasi mencapai 10:08 menit plus ditambah resolusi yang memanjakan mata, penonton seakan diajak 'merasakan kehidupan' di Mars.

"Semua gambar yang ada di dalam video ini semuanya nyata," ucap narator di awal video.

Dalam video berjudul "New: Mars In 4K" ini, ElderFox Documentaries memanfaatkan foto-foto yang diambil dari berbagai robotik penjelajah Mars milik NASA, mulai dari Spirit, Curiosity, dan Opportunity.

Data-data tersebut semuanya bisa diakses oleh khalayak umum. Diketahui, NASA membagikan informasi visual dari Mars di situsnya, termasuk 1,8 miliar piksel mosaik permukaan planet yang digadang-gadang akan jadi rumah baru bagi umat manusia.

Dalam deskripsi video tebaru ElderFox Documentaries mengungkapkan, bagaimana teknologi kamera dapat membantu mengetahui lebih dalam tentang Mars. Namun tak sedikit yang mempertanyakan, di era teknologi seperti sekarang, mengapa NASA tidak mengirimkan video secara langsung alias live streaming.

"Mengapa kita tidak punya video langsung dari Mars?," kata ElderFox Documentaries.

Meskipun kameranya super canggih, persoalan mengirimkan data tersebut kembali ke Bumi merupakan tantangan terbesar. Disebutkan, saat ini pengiriman data dari Mars dan Bumi secara langsung baru di tingkat kecepatan 32 Kbps.

Dari video New: Mars In 4K, kita merasakan bagaimana tandusnya Mars yang tak terlihat tumbuhan, seperti hanya di Bumi. Pemandangan Mars layaknya sebuah gurun yang terhampar luas. Ini dia videonya:

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)