Wahana Hope UEA Tangkap Foto Pertama Planet Mars

Wahana Hope UEA Tangkap Foto Pertama Planet Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 20:21 WIB
An Emirati man prepares to watch the launch of the
Wahana Mars UEA Tangkap Foto Pertama Planet Tujuannya (Foto: AP/Jon Gambrell)
Jakarta -

Wahana antariksa Amal atau Hope milik Uni Emirat Arab saat ini sedang dalam perjalanan menuju Mars setelah meluncur akhir pekan lalu. Di tengah perjalanannya, wahana ini berhasil memotret planet tujuannya dari jarak jauh.

Foto ini dibagikan oleh Pangeran Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA sekaligus Emir Dubai.

Sheikh Mohammed membagikan foto tersebut lewat akun Twitter pribadinya. Foto tersebut ditangkap Hope 66 jam setelah meluncur dari Bumi.

Foto tersebut memperlihatkan Mars yang berbentuk oval sebagai titik yang paling cerah di antara objek antariksa lainnya.

"Kami menerima foto pertama wahana Hope dari tujuannya, Mars, setelah wahana antariksa ini menempuh jarak satu juta km ke luar angkasa," tulis Sheikh Mohammed dalam cuitannya, dikutip detikINET dari News18, Jumat (24/7/2020).

"Selepas dari langit adalah tempat impian kita dimulai," sambungnya.

Wahana Hope sendiri meluncur pada 20 Juli dari Tanegashima Space Center di Jepang pukul 6.58 waktu setempat. Dengan misi ini, UEA menjadi negara Arab pertama yang berhasil meluncurkan misi antariksa menuju planet lain.

Saat ini, Hope sedang melintasi antariksa dengan kecepatan 121 ribu km/jam. Wahana ini diperkirakan akan tiba di Planet Merah pada Februari 2021, bertepatan dengan peringatan kemerdekaan UEA yang ke-50.

Misi ini terdiri dari satu wahana pengorbit yang akan mengumpulkan data seputar iklim dan atmosfer Mars dari orbit. Beberapa studi yang akan dilakukan Hope antara lain memetakan kondisi iklim Mars sepanjang tahun, memonitor fenomena cuaca, perubahan temperatur, sekaligus mengungkap penyebab di balik erosi di permukaan Mars.



Simak Video "Bioskop di Uni Emirat Arab Mulai Kedatangan Film Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)