Menkes Inggris: Kaum Anti Vaksin Bahayakan Nyawa

Menkes Inggris: Kaum Anti Vaksin Bahayakan Nyawa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 22 Jul 2020 06:00 WIB
Vaksin Corona
Ilustrasi vaksin Corona. Foto: Istimewa
London -

Sebagian warga Inggris terindikasi tidak mau alias anti vaksin Corona, di mana jumlahnya berpotensi makin besar seiring propaganda di media sosial. Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengecam mereka.

Hancock tentu merasa senang karena vaksin Corona yang dikembangkan universitas Oxford mendapat hasil memuaskan di tahap awal, memicu antibodi melawan Corona. Pemerintah Inggris juga tela memesan jutaan dosis kandidat vaksin Corona, bukan hanya dari Oxford, tapi juga pihak lain.

Namun demikian, kaum anti vaksin yang gemar berkampanye tidak berdasar, bisa saja membuat banyak orang menjadi takut diinjeksi vaksin Corona walaupun nanti sudah terbukti aman dan efektif.

Survei dari ORB International belum lama ini mengungkap, seperempat responden di Inggris menyatakan tidak akan mau diberi vaksin Corona ataupun belum dapat memutuskan. Hancock pun mengecam mereka yang berkampanye bahwa vaksin Corona tidak aman.

"Mereka yang menyebarluaskan kebohongan tentang vaksin yang aman dan telah disetujui, mereka ini mengancam kehidupan," cetus Hancock, seperti dikutip detikINET dari Independent.

Dia meminta semua politisi ataupun pejabat bergandengan tangan untuk melawan kaum anti vaksin agar tidak semakin merajalela. Pernyataannya tersebut didukung oleh pejabat kesehatan Jonathan Ashworth yang mengecam 'propaganda beracun' dari kaum anti vaksin.

Dalam kesempatan terpisah saat berbicara di parlemen House of Commons, Hancock menyatakan vaksin hanya akan diberikan jika terbukti aman. "Pemerintah Inggris akan merekomendasikan vaksin segera setelah ada yang tersedia secara aman, hanya jika vaksin itu aman," tegasnya.

Ia pun berharap anggota parlemen turut mengkampanyekan pentingnya vaksin dalam mengendalikan pandemi Corona dan untuk meredam golongan anti vaksin. "Sangat penting bahwa setiap anggota di sini, bahwa kita menyampaikan mengapa vaksin itu aman dan juga efektif," tandasnya.



Simak Video "Tolak Divaksin, Presiden Brasil Lontarkan Kata-kata 'Horor'"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)