Zaman Dinosaurus Sudah Ada Tawon, Bentuknya di Luar Dugaan

Zaman Dinosaurus Sudah Ada Tawon, Bentuknya di Luar Dugaan

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 13 Jul 2020 07:05 WIB
Fosil Tawon Zaman Dinosaurus
Zaman Dinosaurus Sudah Ada Tawon (Foto: Royal Society Publishing)
Jakarta -

Dinosaurus hidup 99 juta tahun lalu. Namun rupanya pada masa itu sudah ada serangga. Tapi jangan kaget dengan bentuknya ya.

Kita tentu tahu hewan purba seperti dinosaurus yang bentuknya besar dan aneh. Tapi bagaimana bentuk serangga yang hidup di zaman dinosaurus ya?

Para ilmuwan pun meneliti 35 serangga yang menjadi fosil di batu amber yang ditemukan di Myanmar Utara. Batu amber adalah getah purba dari pohon konifer yang memfosil jadi batu bening.

Seringkali hewan purba kecil terjebak di dalamnya dan ikut menjadi fosil. Rupanya pada masa dinosaurus, sudah ada serangga seperti kumbang, semut, lalat.

Warnanya sudah pudar karena berusia jutaan tahun. Namun ada satu fosil batu amber berisi seekor tawon yang warnanya masih bertahan. Ilmuwan kaget karena warna dan bentuknya seperti tawon modern yang ada di dunia saat ini.

"Terkait soal warna, hampir sama dengan tawon cuckoo yang hidup hari ini," kata ahli paleoentomologis Chenyang Cai dari Chinese Academy of Science.

Hasil riset Cai dan para ilmuwan ini berjudul Structural Colours in Diverse Mesozoic insects. Risetnya sudah diterbitkan oleh The Royal Society Publishing yang dilihat detikINET, Senin (13/7/2020). Batu amber ini dari masa Cretaceous sekitar 99 juta tahun lalu, ini adalah masa di mana dinosaurus masih berkeliaran di Bumi.

Tawon yang memfosil ini bahkan masih mempertahankan warnanya. Warna tawon ini adalah hijau kebiruan mengkilat, seperti tawon di zaman sekarang. Ilmuwan meneliti dengan mikroskop elektron setelah membelah batu amber dengan pisau bermata berlian.

Cuckoo wasp (Chrysididae sp) adalah hewan yang bersifat kleptoparasit. Tawon ini menyusupkan telurnya ke dalam telur tawon atau lebah lain. Larvanya memakan larva telur yang ditumpanginya. Perilaku ini tidak berubah sejak zaman purba, ketika masih hidup bersama dinosaurus.

"Seperti namanya, ini adalah parasit yang bertelur di sarang lebah dan tawon lain," kata Cai.



Simak Video "Ngeri! Ini Dia Beragam Teori tentang Kemusnahan Hidup di Muka Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)