4 Obyek Misterius Terdeteksi di Antariksa

4 Obyek Misterius Terdeteksi di Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 06:04 WIB
teleskop raksasa
Ilustrasi teleskop. Foto: (Ivan Alvarado/REUTERS)
Sydney -

Beberapa obyek misterius ditemukan oleh astronom di deep space, yaitu area antariksa yang jauh jaraknya. Obyek yang belum terklasifikasi tersebut sejauh ini ditemukan sebanyak 4 buah.

Bentuknya bundar dan tiga di antaranya punya pinggiran yang bercahaya sehingga terlihat seperti cincin. Tim astronom internasional yang dipimpin ahli astrofisika Rau Norris dari Western Sydnet University menjulukinya sebagai ORCs atau Odd Radio Circles.

"Kami melaporkan penemuan yang sepertinya tidak masuk tipe obyek apapun yang telah diketahui tapi tampaknya menjadi kategori baru obyek astronomi," sebut mereka, dikutip detikINET dari Science Alert.

Benda aneh tersebut pertama kali terdeteksi pada akhir tahun 2019 silam dengan menggunakan Australian Square Kilometre Array Pathfinder, salah satu teleskop radio canggih dan paling sensitif di dunia saat ini.

Awalnya ilmuwan masih belum yakin apakah obyek tidak biasa itu benar-benar ada atau karena ada error di perangkat. Namun penelitian lebih lanjut menggunakan teleskop lain memastikan eksistensinya.

obyek misteriusobyek misterius Foto: istimewa

Para ilmuwan ini yakin apapun yang menjadi sebab kemunculan obyek itu, peristiwanya kemungkinan terjadi di luar galaksi Bima Sakti. Mungkin saja ORC merupakan sisa dari event antariksa yang luar biasa.

"Kami juga mengaku bisa saja kemungkinan ORC mewakili lebih dari satu fenomena. Pekerjaan lanjutan terus dilakukan untuk menginvestigasi sifat obyek tersebut," kata Norris.



Simak Video "Waduh! Ternyata Langit Kita Penuh dengan Sampah"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)