Ngeri! Amoeba Pemakan Otak Ditemukan di Florida

Ngeri! Amoeba Pemakan Otak Ditemukan di Florida

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 06 Jul 2020 12:17 WIB
Naegleria Fowleri alias amoeba pemakan otak.
Ngeri! Kasus Langka Amoeba Pemakan Otak Ditemukan di Florida Foto: CDC-AS
Jakarta -

Kasus langka amoeba pemakan otak terjadi di Florida, AS. Infeksi dari amoeba ini bisa merusak otak dan memiliki efek yang fatal.

Department of Health Florida mengumumkan seseorang yang tinggal di Hillsborough County dikonfirmasi terinfeksi amoeba Naegleria fowleri. Ameoba bersel satu ini berukuran mikroskopis dan bisa menginfeksi otak dan berakibat fatal.

Dikutip detikINET dari CNN, Senin (6/7/2020) Naegleria fowleri biasanya ditemukan di air tawar yang hangat seperti danau, sungai dan kolam. Amoeba ini bisa memasuki tubuh manusia melalui hidung.

DOH telah memperingatkan warga Florida yang berenang di sumber air tawar tersebut untuk berhati-hati dan lebih awas terhadap kehadiran amoeba tersebut, terutama ketika air sedang hangat di musim panas.

"Efek kesehatan yang negatif pada manusia dapat dicegah dengan menghindari kontak hidung dengan air, karena amoeba masuk melalui saluran hidung," kata DOH.

Selain itu, risiko infeksi juga datang dari penggunaan neti pot yang biasa digunakan untuk mengatasi sinus yang tersumbat.

"Gunakan hanya air yang sudah direbus dan didinginkan, air suling atau air steril untuk membuat larutan bilas sinus untuk neti pot," kata DOH.

DOH juga merekomendasikan publik untuk menghindari sumber air tawar yang hangat di sekitar pembangkit listrik dan air tawar dangkal saat temperatur air sedang tinggi. Ketika main di air tawar, warga juga disarankan untuk menutup hidungnya.

Amoeba ini tidak bisa ditularkan dari orang ke orang. Mereka yang telah terinfeksi dengan Naegleria fowleri memiliki gejala seperti demam, mual dan muntah serta leher yang kaku dan sakit kepala. Sebagian besar pasien meninggal dunia akibat infeksi ini dalam waktu seminggu.

Kasus infeksi Naegleria fowleri di Florida sendiri terbilang sangat langka. Sejak tahun 1962, telah ditemukan 37 kasus infeksi amoeba ini.

Di seluruh Amerika Serikat, hanya ada 143 kasus infeksi Naegleria fowleri yang ditemukan. Dari semua kasus tersebut hanya empat orang yang berhasil selamat.



Simak Video "Mendikbud: Pembelajaran Tatap Muka Tergantung Izin Orang Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)