Sejarah Sepeda dan Asal Muasal Namanya - Halaman 2

Sejarah Sepeda dan Asal Muasal Namanya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 03 Jul 2020 08:40 WIB
Foto Sejarah Sepeda
Wujud Velocipede, asal muasal nama Sepeda (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Asal nama Bicycle

Foto Sejarah SepedaGambar rancang bicycle (Getty Images/iStockphoto)



Sejarah sepeda tidak lepas juga dari asal muasal nama bicycle. Velocipede temuan Von Drais mendapat penyempurnaan inovasi mulai tahun 1860-an oleh beberapa penemu Prancis termasuk Pierre Lallement, Pierre Michaux dan Ernest Michaux. Dilansir dari History, mereka menambahkan pedal ke roda depan.

Dari situ lahirlah nama bicycle yang artinya dua roda. Karena ada lagi varian lainnya yaitu monocycle, satu roda dan tricycle, tiga roda. Namun dua roda ini yang paling populer.

Eugene Meyer dan James Starley membuat inovasi lagi dengan membesarkan ukuran roda depannya dan disebut Penny-farthings. Sepeda dengan roda depan besar ini sangat populer tahun 1870-1880 sampai melahirkan kelab dan olahraga balap sepeda yang pertama.

Inovasi terakhir dilakukan 1885 oleh orang Inggris, John Kemp Starley. Karena Penny-farthings kurang aman, dia menggabung bentuk awal velocipede yang ukuran bannya sama dengan model pedal dan rantai.

Foto Sejarah SepedaPerangko bergambar sepeda Penny Farthing dan sepeda Starley yang lebih aman (Getty Images/iStockphoto)


Dari situ lahirlah model pertama dari sepeda modern. Ukuran ban depan dan belakangnya sama, ada pedal dan rantai sepeda.

Itulah sejarah sepeda. Meski hari ini sepeda sudah semakin canggih, sepeda kuno Penny-farthings tetap digunakan oleh komunitas penggemar sepeda antik terutama di Eropa. Sama saja di Indonesia dimana masih banyak komunitas penggemar sepeda ontel.

(fay/afr)