Misteri Bintang Raksasa Hilang Tanpa Jejak

Misteri Bintang Raksasa Hilang Tanpa Jejak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 16:30 WIB
Bintang raksasa
Bintang raksasa mendadak hilang. (Foto: BBC)
Jakarta -

Astronom sedang kebingungan lantaran sebuah bintang ukuran raksasa yang sedang mereka amati mendadak hilang. Mereka bertanya-tanya apa penyebabnya.

Seandainya bintang itu kolaps tanpa melalui tahapan supernova, peristiwa semacam itu baru kali ini terjadi. Namun ada kemungkinan lain, bisa saja cahayanya menjadi suram karena terhalang sesuatu seperti debu antariksa.

Dikutip detikINET dari BBC, lokasi bintang tersebut 75 juta tahun cahaya jauhnya di galaksi bernama Kinman Dwarf, di konstelasi Aquarius. Ia diperkirakan lebih terang 2,5 juta kali dibanding Matahari.

Bintang jenis ini memang tidak stabil, berubah-ubah kecemerlangannya. Antara tahun 2001 sampai 2011, beberapa astronom mempelajari bintang ini dan menyimpulkan ia berada di tahap akhir evolusinya.

Nah tahun 20119, tim Trinity College Dublin, Irlandia, mengamati lagi galaksi itu, meneliti bagaimana bintang raksasa itu kemungkinan berakhir hidupnya. Namun kala mengarahkan Very Large Telescope (VLT) milik European Southern Observatory's (Eso), tak dapat dilacak jejaknya.