Musim Dingin Abadi Pernah Landa Bumi

Musim Dingin Abadi Pernah Landa Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 07:04 WIB
Potret Musim Dingin di Kanada, Penuh Salju Menawan
Ilustrasi musim dingin (Foto: Arpawi Harun/d'traveler)
London -

Musim dingin skala global yang seolah tak berkesudahan pernah melanda Bumi. Itulah salah satu kesimpulan dalam penelitian akademisi Imperial College London tentang kepunahan dinosaurus.

Asteroid besar yang menghantam Bumi pada 66 juta tahun silam merupakan pemicu punahnya binatang raksasa itu. Teori lain mengatakan erupsi vulkanis di India pada saat yang sama ikut berdampak pada lenyapnya mereka.

Namun seperti dikutip detikINET dari Mirror, riset ini berpendapat sebaliknya, bahwa justru muntahan lava dalam waktu yang lama membantu kehidupan kembali pulih.

"Kami menunjukkan bahwa asteroid menyebabkan musim dingin selama beberapa dekade dan efek semacam itu menghilangkan lingkungan yang cocok untuk dinosaurus," kata Dr Alessandro Chiarenza, salah satu peneliti.

"Secara kontras, pengaruh erupsi vulkanik yang intens tidak cukup kuat untuk secara substansial mengganggu ekosistem global," tambahnya.

"Studi kami mengkonfirmasi, untuk pertama kali secara kuantitatif, satu-satunya penjelasan untuk kepunahan dinosaurus adalah musim dingin yang menghancurkan habitat dinosaurus di seluruh dunia," papar Dr Chiarenza.

bensu