Wisata Antariksa Memanas, Berani Melayang di Ruang Hampa?

Wisata Antariksa Memanas, Berani Melayang di Ruang Hampa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 29 Jun 2020 09:32 WIB
Spacewalk Keren
Foto: NASA
Jakarta -

Lomba wisata luar angkasa makin memanas. Berbagai perusahaan makin gencar menawarkan kepada turis untuk menikmati pemandangan antariksa, seperti merasakan sensasi spacewalk.

Adalah Space Adventures, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata luar angkasa, baru saja mengumumkan kerja sama dengan Roscosmos. Space Adventures telah memesan dua kursi penumpang Soyuz untuk menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 2023.

Berkolaborasi bersama Badan Antariksa Rusia tersebut, Space Adventures akan menyuguhkan pengalaman yang tidak ditawarkan Virgin Galactic atau SpaceX sekalipun, bahkan juga astronaut pun terbilang jarang, yaitu spacewalk.

Spacewalk merupakan aktivitas yang dilakukan astronaut di luar ISS, yang mana mereka akan melayang-layang di ruang hampa.

"Kami telah menandatangani kontrak dengan Energia (bagian dari Roscosmos) yang akan memungkinkan dua peserta luar angkasa untuk mengunjungi ISS selama 14 hari dan akan bergerak maju setelah kami mengidentifikasi dan membuat kontrak dengan pelanggan," ujar Juru Bicara Space Adventures Stacey Tearne dilansir dari Space, Senin (29/6/2020).

Space Adventures bukanlah pemain baru di bidang pariwisata luar angkasa ini. Perusahaan yang bermarkas di Virginia, AS, itu tercatat telah menerbangkan tujuh penumpang dalam delapan perjalanan ke ISS antara tahun 2001 dan 2009.

Co-Founder Microsoft Charles Somonyi adalah pelanggan setianya, di mana ia dua kali terbang ke ISS. Penerbangan tersebut dilaporkan berkisar antara USD 20 juta hingga USD 35 juta untuk satu perjalanannya.

Sementara itu, pesaing Space Adventures, sebut saja Virgin Galactic kian menyempurnakan wisata antariksanya dengan memanfaatkan pesawat SpaceShipTwo. Perusahaan besutan Richard Branson bahkan sukses melakukan uji penerbangan yang keduanya.

Selain itu, ada Space Perspective. Perusahaan ini menjanjikan wisata luar angkasa yang tidak biasa, dengan menggunakan balon udara yang telah dirancang khusus.



Simak Video "Kisah Calon Astronaut Wanita Pertama Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/asj)