Menakjubkan, Video Ini Tunjukkan Wujud Matahari Selama 10 Tahun

Menakjubkan, Video Ini Tunjukkan Wujud Matahari Selama 10 Tahun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 29 Jun 2020 06:28 WIB
foto matahari detail
Foto Matahari. Foto: Paul Andrew via Daily Mail
Jakarta -

Lembaga antariksa NASA baru saja memamerkan video time lapse Matahari yang menakjubkan. Video tersebut menunjukkan jepretan satelit pada Matahari dalam 10 tahun yang diperingkas menjadi durasi satu jam.

Video bersangkutan disusun dengan kumpulan foto dari Solar Dynamics Observatory (SDO) yang diluncurkan untuk meneliti bintang itu sejak 11 Februari 2010. Satelit ini mulai mengamati Matahari pada Juni di tahun yang sama.

Dikutip detikINET dari IB Times, tujuan dari misi tersebut adalah mempelajari Matahari dengan berbagai instrumen yang dilengkapi kapabilitas perekaman gambar canggih, disebut sebagai Atmospheric Imaging Assembly (AIA).

AIA dapat merekam gambar setiap 12 detik dan terutama merekam bagian luar atmosfer Matahari, disebut sebagai Corona.

Setelah selama satu dekade mengobservasi Matahari, SDO telah mengumpulkan 425 juta foto resolusi tinggi Matahari dengan data mencapai 20 juta GB. NASA menggunakannya untuk meneliti aktivitas Matahari.

Dengan foto tersebut, NASA dapat menampilkan video time lapse ini. Terlihat bagaimana cahaya di permukaan Matahari menari-nari dan tampak spektakuler.

"Film ini memadatkan satu dekade Matahari dalam 61 menit. Ditunjukkan naik dan turunnya aktivitas yang muncul sebagai bagian dari daur 11 tahun Matahari," sebut NASA. Berikut videonya.

bensu


Simak Video "Matahari di Fase Lockdown, Bumi Disebut Terancam Berbahaya "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)