Super Gede! Nelayan Pancing Kakap Seberat 22 Kilogram

Super Gede! Nelayan Pancing Kakap Seberat 22 Kilogram

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 28 Jun 2020 20:20 WIB
kakap raksasa
Super Gede! Nelayan Temukan Kakap Seberat 22 Kilogram. Foto: Facebook/Keely Rose Fishing
Jakarta -

Seorang nelayan asal Queensland, Australia menemukan hewan raksasa ikan kakap red emperor super besar, beratnya saja mencapai 22 kg!

Ed Falconer yang juga seorang charter operator, sedang memancing di Rainbow Beach, Queensland tenggara awal pekan ini. Saat pancingannya tertarik oleh sesuatu yang berat, Ed pun sigap menyambutnya.

Dia tidak menyangka jika hasil pancingannya tersebut berukuran sangat besar. Ed mengaku susah payah mengangkut ikan tersebut ke perahunya. Perlu waktu sekitar 20 menit bagi Ed 'bergulat' hingga ikan sepanjang 104 cm itu bisa terangkut.

"Dari cara melawannya, tadinya saya pikir hewan raksasa yang tertangkap adalah ikan kod besar. Ternyata kakap red emperor," kisahnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut pengakuan Ed, selama 30 tahun dia memancing di perairan tersebut, ini adalah tangkapan terbesarnya. Sebelumnya, ikan terbesar yang pernah ditangkapnya punya bobot 19 kg.

"Kami sering menangkap ikan seberat 8 kg, 10 kg, 12 kg. Tapi yang satu ini, besar sekali. Ini adalah tangkapan sekali seumur hidup," ujarnya.

kakap raksasaEd menyerahkan hasil tangkapannya untuk kepentingan penelitian sains. Foto: Facebook/Keely Rose Fishing

Meski sangat terkesan dengan hasil pancingannya, Ed tidak mau menjadikan ikan tersebut sebagai santapan. Ed memilih mendonasikannya untuk kepentingan sains.

Ed berharap tangkapannya itu tidak terbuang percuma agar bisa membuka pengetahuan yang lebih luas tentang jenis ikan red emperor.

"Saya mendonasikannya ke Queensland Fisheries agar para ilmuwan bisa meneliti bagaimana makhluk ini hidup," ujarnya.

Donasi hewan raksasa ini pun disambut baik kalangan peneliti. Jeff Johnson, ahli ikan dari Queensland Museum menyebutkan, ikan seberat 22 kg ini cocok dengan catatan penelitian jenis red emperor yang ditemukan tahun 1962.



Simak Video "Postingan Perdana Ratu Elizabeth di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)