Tes Swab Corona Akan Dilakukan Oleh Robot

Tes Swab Corona Akan Dilakukan Oleh Robot

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 28 Jun 2020 18:01 WIB
Robot Tes Swab Corona dari Korea
Robot untuk tes swab Corona (Korea Institute of Machinery and Materials)
Jakarta -

Tes swab Corona menjadi tindakan yang berisiko untuk tenaga medis. Korea pun merancang robot untuk melakukan tes Corona.

Korea Institute of Machinery and Materials (KIMM) di bawah Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan sedang merancang sebuah robot yang bisa melakukan tes swab. Tujuannya adalah supaya tes swab tidak perlu dilakukan lagi oleh tenaga medis.

Dr Seo Joon-ho dari Medical Device Lab, Daegu Convergence Technology Research Center mengatakan teknologi ini akan dipakai untuk metode pengambilan sampel penyakit berbahaya tanpa harus berhadap-hadapan. Tujuannya tentu untuk mencegah penularan penyakit. Joon-ho dan tim berkolaborasi dengan Profesor Kim Nam-hee dari Dongguk University College of Medicine.

"Ini diharapkan bisa berguna secara klinis untuk diagnosa penyakit menular di masa depan," kata Joon-ho dalam laporan di Korea Biomedical Review yang dilihat detikINET, Minggu (28/6/2020).


Nanti pasien cukup bersiap menaruh muka di dudukan yang sudah disediakan, seperti dudukan muka milik dokter mata. Nanti robot akan melakukan tes swab ke hidung pasien. Robot ini dilengkapi dengan tangkai tes swab yang sekali pakai buang dan bisa diganti-ganti.

Robot ini dikendalikan tenaga medis dari ruangan lain dengan joystick. Ada monitor yang memantau rongga hidung sampai pangkal tenggorokan sehingga operator robot bisa mengambil sampel dengan akurat dengan tangkai tes swab yang panjang.

Sang operator bisa mengendalikan tangkai tes swab naik turun, ke kiri atau kanan. Tenaga medis pun bisa berkomunikasi dengan pasien lewat video.

Joystick ini memiliki respons sentuhan yang sensitif. Sehingga, operator robot bisa seperti merasakan rongga hidung pasien secara langsung dengan alat tes swab.



Simak Video "Wakil Ketua Positif Corona, Anggota DPRD Purwakarta Jalani Tes Swab"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/asj)