Bercinta dengan Robot Seks, Apa Termasuk Selingkuh?

Bercinta dengan Robot Seks, Apa Termasuk Selingkuh?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 13:22 WIB
robot seks mutakhir
Ilustrasi robot seks. Foto: Cloud Climax
Jakarta -

Kecanggihan teknologi membuat robot semakin cerdas dan bisa menjadi partner untuk urusan apapun termasuk urusan pemenuhan hasrat seksual. Tapi, apakah bercinta dengan robot seks -- ketika kamu punya pasangan manusia nyata, termasuk berselingkuh?

Dr Hutan Ashrafian yang mempelajari soal robotik dan artificial intelligence (AI) memberikan pandangannya kepada BBC.

Menurutnya kemajuan teknologi membuat manusia bisa menciptakan robot dengan tingkat kesadaran seperti manusia. Namun hal ini bisa menjadi dilema.

"Saat ini, kita menggunakan sebagian besar robot sebagai budak. Kami melihat mereka ada di sana hanya untuk melayani manusia. Tetapi ketika kita semakin dekat dengan robot dengan tingkat kesadaran manusia, hak apa yang seharusnya mereka miliki? Haruskah mereka memiliki tingkat hak yang sama dengan manusia, atau serangkaian hak yang sedikit dimodifikasi? Itu pertanyaan yang sulit," ujar Dr Ashrafian.

Well, mengingat kemajuan teknologi yang pesat, kemungkinan untuk menciptakan robot yang bisa memiliki 'emosi' bisa saja terjadi. Robot seks zaman sekarang bahkan sudah bisa memberikan 'dirty talk' dan hal berbau seksual lainnya.

Masalah selanjutnya adalah apakah bercinta dengan robot tanpa sepengetahuan pasangan bisa dikategorikan perselingkuhan?

"Jika robot memiliki kesadaran tingkat manusia, dan itu mampu dan mau memberikan persetujuan untuk hubungan seksual, maka ya, itu akan menjadi perselingkuhan," tuturnya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jika robot sudah mencapai tahap itu, Dr Ashrafian beranggapan mungkin akan ada robot yang menganggap manusia menarik, atau bisa jadi robot lainnya tertarik pada keduanya yaitu manusia dan robot seks.

"Itu tidak akan menjadi hitam dan putih. Akan ada banyak area abu-abu," tutupnya.



Simak Video "Peneliti Uji Coba Robot untuk Bantu Dokter Bedah Jahit Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)