5 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia, Ada dari Indonesia

5 Gempa Bumi Terdahsyat di Dunia, Ada dari Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 23 Jun 2020 19:08 WIB
gempa chile 1960
Potret Gempa Chile yang merupakan gempa terbesar di dunia. Foto: Dok. Univ of California Berkeley
Jakarta -

Gempa bumi merupakan suatu peristiwa alam yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Dalam sejarah, gempa bumi terbukti menimbulkan banyak kerusakan karena magnitudo gempa yang sangat besar.

Dirangkum detikINET dari data Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), berikut ini adalah 5 gempa bumi terdahsyat yang pernah menggoncang dunia.

1. Gempa Bumi Kamchatka, Rusia (9,0)

Gempa bumi Severo-Kurilsk mengguncang semenanjung Kamchatka di ujung Timur Rusia dan mengakibatkan tsunami besar yang menerjang Kota Severo-Kurilsk tepatnya pada pukul 05.00 pagi, 5 November 1952. Tsunami yang terjadi menelan banyak korban jiwa dan menorehkan luka mendalam. Warga yang selamat kemudian dievakuasi dan membangun permukiman baru di tempat yang lebih aman.


2. Gempa Tohoku, Jepang (9,0)

Peristiwa tahun 2011 di Jepang yakni gempa bumi dengan kekuatan 9,0 SR dirasakan hingga wilayah Petropavlovsk-Kamchatsky (Rusia), Kaohsiung (Taiwan), dan Beijing. Kerusakan yang diakibatkan juga luar biasa.

Diperkirakan 200 ribu orang meninggal dunia/hilang dan lainnya berhasil dievakuasi. Pemerintah Jepang kemudian menyusun rekonstruksi dengan jangka waktu satu tahun dan memperkuat rencana penanggulangan bencana untuk mempersiapkan diri dari ancaman bencana.

3. Gempa Samudra Hindia, Indonesia (9,1)

Gempa bumi Samudra Hindia 2004 terjadi pada tanggal 26 Desember. Episentrumnya sendiri terletak di lepas pantai barat Sumatra, dekat Aceh.

Tsunami tidak hanya menerjang Aceh, tapi juga Khao Lak di Thailand, dan sebagian Sri Lanka hingga India dilanda tsunami hebat yang menimbulkan trauma. PBB bahkan menyatakan tsunami Aceh sebagai bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi akibat gempa bumi dan tsunami.

4. Great Alaska Earthquake, Amerika (9,2)

Pada hari raya Jumat Agung, 27 Maret 1964 tepatnya pukul 17.36 terjadi gempa di kawasan Prince Wiliam Sound, Alaska dan sekitarnya. Banyak rumah dan bangunan yang luluh lantak.

Gelombang tsunami juga menerjang Shoup Bay dan Valdez Inlet yang menghanyutkan bangunan di area tersebut. Kejadian ini kemudian dikenal dengan sebutan Tragedi Good Friday yang merupakan gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di Amerika Serikat.

5. Gempa Bumi Chile (9,5)

Tepat 22 Mei 1960, gempa terdahsyat yang pernah terjadi di dunia menghantam Chile. Episentrum gempa berada di lepas pantai dekat Canete, sekitar 900 km selatan Santiago yang merupakan ibukota Chile.

Pasca gempa, sekitar 15 menit kemudian gelombang tsunami setinggi 25 meter menghantam wilayah pesisir. Bencana ini mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia. Gempa itu memberikan pelajaran bagi para kota-kota rawan gempa Chile untuk memperkuat aturan pendirian bangunan dan menciptakan sistem peringatan tsunami.



Simak Video "Turki Diguncang Gempa, 21 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)